Breaking News:

Berita Kota Yogya Hari Ini

Pemkot Yogyakarta Gulirkan Vaksinasi Booster Covid-19 Mulai 17 Januari 2022, Lansia Jadi Prioritas

PemerintahPemkot Yogyakarta Gulirkan Vaksinasi Booster Covid-19 Mulai 17 Januari 2022, Lansia Jadi Prioritas Kota (Pemkot) Yogyakarta bakal menggulirk

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta bakal menggulirkan kickoff booster vaksin Covid-19, pada Senin (17/1/2022) mendatang.

Rencananya, kalangan lanjut usia bakal menjadi prioritas untuk tahap pertama ini. 

Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, syarat bagi lansia untuk mendapat booster adalah wajib terdaftar di aplikasi PeduliLindungi, serta berjarak enam bulan dari vaksinasi dosis kedua. 

"Sejauh ini yang telah terdaftar sebagai penerima booster sekitar 24 ribu lansia. Undangannya sudah mulai dikirim melalui kelurahan," ungkap Heroe, Jumat (14/1/2022). 

Baca juga: Penularan Omicron di Indonesia Meluas, Mobilitas ke Gunungkidul Belum Akan Diperketat

Diterangkannya, pelaksanaan perdana booster vaksin ini, digulirkan di tiga lokasi sekaligus. Yakni, SLB Pembina, Monumen Diponegoro, serta Balai Kota Yogyakarta

"Setelah itu, prosesnya kita lanjutkan di Puskesmas, atau rumah sakit. Nanti kan ada 18 Puskesmas, 11 rumah sakit,  dan 3 klinik yang siap melayani booster," terangnya. 

"Untuk jenis vaksin, kita siapkan astrazeneca, dan pfizer. Namun, di awal kami gunakan astrazeneca, setengah dosis sesuai aturan," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta itu. 

Pihaknya pun mematok target, dalam kickoff di tiga lokasi tersebut, 3.600 penduduk Kota Yogyakarta bisa terinjeksi booster. Baik itu dari kalangan lansia, maupun petugas pelayanan publik yang terdaftar di PeduliLindungi. 

"Persediaan vaksin kita sekarang cukup banyak, karena minta backup dari DIY, untuk booster ini," cetusnya. 

Baca juga: Sleman United Akan Lakukan Uji Coba Lawan Jawara Liga 3 Jateng Persipa Pati

Heroe pun berharap, para lansia yang sudah menerima undangan dari kelurahan, bisa datang ke lokasi vaksinasi pada 17 Januari mendatang. Menurutnya, calon penerima booster tak perlu risau, karena keamanan terjamin. 

"Harapannya, semua sasaran saat kickoff nanti datang. Terlebih, booster kan sudah dilakukan di banyak tempat, banyak kelompok masyarakat juga," ucap Wawali. 

"Terus, nggak usah pilih-pilih vaksin. Kemarin lansia kan pakainya Sinovac semua. Sehingga, memungkinkan untuk menerima jenis vaksin lainnya, tiga-tiganya, AstraZeneca, Pfizer, maupun Moderna, bisa semua," tambahnya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved