4 Kampus di DIY Masuk dalam Daftar 10 Besar PTS Terbaik di Indonesia versi Webometrics

Empat kampus di DIY masuk dalam daftar 10 besar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia 2022 versi Webometrics.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Muhammad Fatoni
Google
Pintu masuk kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta 

TRIBUNJOGJA.COM - Empat kampus yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) masuk dalam daftar 10 besar Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik di Indonesia 2022 versi Webometrics.

Keempat kampus tersebut adalah Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Universitas Islam Indonesia (UII), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) dan Universita Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta.

Daftar tersebut merupakan hasil pemeringkatan yang dikeluarkan Webometrics edisi Januari 2022.

Hasilnya, ada beberapa Perguruan Tinggi Swasta (PTS) menempati posisi teratas mengalahkan beberapa Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Webometrics Ranking of World Universities sendiri diinisiasi oleh Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset yang menjadi bagian dari Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC), badan riset publik terbesar di Spanyol.

Pemeringkatan yang telah dilakukan sejak tahun 2004 ini bertujuan untuk mempromosikan open access terhadap pengetahuan yang dihasilkan oleh perguruan tinggi.

Setidaknya lebih dari 31 ribu perguruan tinggi di dunia yang memperoleh pemeringkatan dari Webometrics.

Melansir laman Webometrics, Kamis (13/1/2022) memberitahukan ada tiga indikator penilaian dalam menentukan peringkat perguruan tinggi terbaik Indonesia.

Ketiga indikator itu yakni impact atau visibility memiliki bobot 50 persen, openness atau trasnparency memiliki bobot 10 persen, serta excellence mempunya bobot 40 persen.

Dari hasil penilaian Webometrics edisi Januari 2022, ada 10 PTS terbaik Indonesia yang mengalahi beberapa PTN.

Berikut daftar lengkap 10 PTS terbaik di Indonesia versi Webometrics edisi Januari 2022 :

1. Telkom University

Peringkat dunia 1.417

2. Universitas Bina Nusantara (Binus)

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved