Breaking News:

Berita Kota Yogya Hari Ini

KPAI Kota Yogyakarta Siapkan Perwali untuk Tangani Klitih, Orangtua Wajib Tahu Anak Pergi ke Mana

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kota Yogyakarta fokus terhadap pencegahan anak terlibat aksi kriminalitas jalanan atau sering disebut klitih

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh
Ilustrasi Klitih 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Kota Yogyakarta fokus terhadap pencegahan anak terlibat aksi kriminalitas jalanan atau sering disebut klitih.

Upaya pencegahan yang dilakukan yakni dengan cara menyiapkan materi Peraturan Walikota (Perwali) yang didalamnya mengatur peran orang tua terhadap anak, supaya tidak terseret dalam aksi kriminalitas jalanan.

Ketua KPAI Kota Yogyakarta Silvi Dewayani mengatakan, salah satu point yang akan ditekankan dalam perumusan Perwali itu yakni terkait aturan jam keluar anak saat malam hari.

Baca juga: Kubah Lava Gunung Merapi Terus Tumbuh, BPBD Kabupaten Magelang Beri Imbauan 

“KPAI fokus pencegahan, yaitu menyiapkan Perwali. Perlu saya sampaikan orang tua wajib tahu anaknya keluar ke mana saat malam hari. Kalau tidak tahu itu sanksinya apa. Nah, ini sedang kami bahas,” katanya, dijumpai disela-sela agendanya, Rabu (12/1/2022).

Dijelaskan olehnya, Perwali menjadi dasar pemangku kebijakan tingkat RT atau RW dan tingkat desa supaya lebih sering mengawasi anak-anak di wilayahnya masing-masing.

“Jadi itu menjadi dasar Rt atau Rw dan desa mengambil tindakan. Misal orang tua tidak tahu anaknya keluar ke mana di jam 21.00 atau jam 22.00 WIB, maka pihak desa bisa mengadu ke Polsek supaya kepolisian mencari,” ungkapnya.

Baca juga: BREAKING NEWS: Baliho Berukuran Besar Ambruk di Perempatan Condongcatur Sleman Sore Tadi

Sinergitas antara pihak keluarga, RT atau RW, Desa/Kalurahan, hingga pemerintah daerah dengan penegak hukum diharapkan mampu mengurangi aksi klitih di Kota Yogyakarta.

“Jadi kepolisian sudah ada petanya, dan dalam Perwali itu nantinya semua saling bersinergi untuk mengawasi anak-anak remaja,” terang dia.(hda)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved