Breaking News:

Ini Kemampuan Helikopter Serbu AH-64E Apache Milik TNI AD

Delapan helikopter Apache telah melengkapi kekuatan alat utama sistem pertahanan (Alutsista) Skadron 11/Serbu Semarang

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
KOMPAS.com/NAZAR NURDIN
Heli Apache AH 64E 

TRIBUNJOGJA.COM - Delapan helikopter Apache telah melengkapi kekuatan alat utama sistem pertahanan (Alutsista) Skadron 11/Serbu Semarang.

Helikopter serbu ini merupakan salah satu alutsista canggih yang dimiliki oleh Indonesia.

Helikopter serbu AH-64E Apache dilengkapi dengan sistem persenjataan modern di antaranya AGM-114 Hellfire dan pod roket Hydra 70 di empat hard point pada pangkal sayap.

Dikutip Tribunjogja.com dari Kompas.com, AH-64E adalah seri AH-64D Apache Longbow Block III, yang kemudian oleh Boeing diberi kode sebagai AH-64E Apache Guardian, dan dirilis perdana pada 2012. 

Salah satu yang paling menonjol dari AH-64E Apache Guardian adalah adopsi mesin baru, yakni menggunakan sepasang mesin T700-GE-701D dari General Electric, yang mempunyai kekuatan lebih besar dari mesin AH-64D, yakni 1.994 shp (1.487 kw).

Transmisi mesin pun diubah menjadi coupe dengan tenaga ekstra. Alhasil, kecepatan maksimum AH-64E bisa mencapai 300 kilomeer per jam, sementara AH-64D kecepatan maskimumnya 293 kilometer per jam.

Meningkatnya kecepatan pada AH-64E juga berkat penggunaan material komposit baru pada baling-baling. Pada AH-64E, Boeing menyematkan sistem datalink MUM-TX lansiran L-3 Communications.

Keunggulan dari datalink ini memungkinkan awak helikopter untuk dapat mengendalikan drone (UAV) lewat frekuensi C, D, L, dan Ku-band.

Selain itu, Boeing juga melakukan perbaikan pada elemen landing gear.

AH-64E Apache adalah tipe helikopter militer dari jenis penyerbu atau penggempur yang bisa diterbangkan dalam berbagai keadaan cuaca.

Baca juga: Tikus Raksasa Pemburu Ranjau Darat di Kamboja Mati di Usia 8 Tahun, Sempat Kehilangan Nafsu Makan

Baca juga: Jet Tempur Tercanggih Taiwan, F-16V Jatuh ke Laut Saat Latihan

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved