Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

Bangun 13 Ruas Jalan dan 2 Jembatan di Tahun 2022, Pemkab Klaten Siapkan Dana Rp 109 Miliar

Pemkab Klaten , Jawa Tengah menyiapkan dana sebesar Rp 109 miliar di tahun 2022 untuk membangun 13 ruas jalan dan 2 jembatan.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
ILUSTRASI. Seorang pesepeda melintas di atas jembatan Desa Mranggen, Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Selasa (4/1/2022). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Pemkab Klaten , Jawa Tengah menyiapkan dana sebesar Rp 109 miliar di tahun 2022 untuk membangun 13 ruas jalan dan 2 jembatan.

Adapun beberapa ruas jalan yang dibangun di antaranya berada di wilayah lereng Gunung Merapi di Kecamatan Kemalang yang dilaporkan mengalami kerusakan.

"Alhamdulillah untuk tahun (2022) ini di DPUPR terutama di bidang bina marga ada peningkatan anggaran yang signifikan," ujar Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Klaten, Suryanto saat Tribunjogja.com temui di Pendopo Pemkab Klaten, Jumat (7/1/2022).

Suryanto merinci, untuk Bidang Bina Marga DPUPR Klaten pada tahun 2022 memiliki total anggaran Rp 109 miliar.

Baca juga: Dishub Klaten Pasang Rambu Larangan Parkir di Pinggir Jalan Merbabu, Juru Parkir Sebut Begini

Dana tersebut bakal digunakan untuk membangun ruas jalan dan jembatan.

"Untuk bidang bina marga totalnya itu ada Rp 109 miliar, itu untuk sekitar 13 ruas jalan dan 2 buah jembatan," jelasnya.

Ia mengatakan, dana tersebut bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Bantuan Keuangan (Bankeu) Provinsi Jawa Tengah.

"Itu sumber dana dari DAU, DAK maupun Bankeu Provinsi, setelah ini segera kita konsolidasikan dan kita buat perencanaan dan kita kirimkan dokumen untuk lelangnya," paparnya.

Kemudian, Suryanto menyampaikan jika beberapa ruas jalan yang akan mengalami pembangunan dan perbaikan juga berada di lereng Gunung Merapi.

"Untuk lereng merapi banyak sekali, seperti Kaliwuluh - Deles kemudian ruas jalan Dompol - Tangkil, lalu Pasar Kembang - Jatiraja. Lalu, ada beberapa pemeliharaan jalan juga di wilayah atas itu," ungkapnya.

Baca juga: Deretan Rekor MURI yang Dipecahkan Klaten, dari Tumpeng Terbanyak, Cangkul Raksasa hingga Eco Enzyme

Sementara, untuk ruas Jalan Deles di lereng Merapi juga dianggarkan sebanyak Rp 5 miliar untuk membangun jalan sepanjang 1,5 kilometer.  

"Kalau untuk jalan di Deles itu Rp 5 miliar sudah dianggarkan di APBD. Itu (untuk pembangunan) sekitar 1.500 meter, namun untuk detailnya akan kita hitung lagi," ucapnya.

Terakhir, Suryanto mengatakan jika untuk tahun 2022 ini, pihaknya masih fokus untuk peningkatan ruas jalan di daerah itu sehingga untuk perbaikan fisik trotoar belum ada anggaran.

"Kalau untuk trotoar tidak ada perbaikan (tahun ini), saat ini kita fokus peningkatan ruas jalan dulu," tutupnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved