Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

Sepanjang 2021 Damkar Klaten Tangani 146 Peristiwa Kebakaran

Sepanjang tahun 2021, Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menangani 146 kasus kebakaran di daerah itu.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Ilustrasi Berita Klaten 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sepanjang tahun 2021, Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menangani 146 kasus kebakaran di daerah itu.

Jumlah tersebut, naik 6 kasus kebakaran dari tahun sebelumnya yang hanya 140 peristiwa kebakaran.

Kasi Pemadam Kebakaran Dinas Satpol PP dan Damkar Klaten, Sumino mengatakan 146 kasus kebakaran itu terjadi di sejumlah kecamatan yang menyasar ke beberapa objek seperti bangunan tempat tinggal, kandang ternak, rumpun bambu, kendaraan hingga oven briket.

Baca juga: PSS Sleman Tiba di Bali, Langsung Lakukan Latihan Ringan dan Adaptasi

"Selama tahun 2021 kita melakukan penanganan kasus kebakaran sebanyak 146 kasus. Objek yang terbakar paling banyak bangunan seperti rumah atau ruko sebanyak 56 kasus, lalu kebakaran lahan 18 kasus, mobil atau kendaraan sebanyak 6 kasus dan kasus-kasus kebakaran lainnya," ucapnya, Selasa (4/1/2022).

Menurut Sumino, penyebab kebakaran pada tahun 2021 di Klaten di dominasi oleh pembakaran sampah sebanyak 42 peristiwa.

Kemudian, disusul oleh korsleting listrik 28 kasus, over heat oven 27 kasus, belum di ketahui 28 kasus dan penyebab lainnya.

Sepanjang tahun 2021, Damkar Klaten tidak hanya melakukan pemadaman kebakaran namun juga melakukan operasi penyelamatan terhadap satwa dan kegiatanainnya.

"Terkait penyelamatan, kita mengevakuasi sebanyak 58 kali ular dari rumah warga. Kemudian juga ada 16 kali evaluasi sumur yang masuk ke dalam kucing," ungkapnya.

Baca juga: KULINER LEGENDARIS dan Wajib Dicoba, Depot Es Semanggi Kota Magelang Bisa Jual 100 Porsi per Hari

Selain itu, juga ada pembasmian 110 kali sarang tawon vespa afinis dan pelepasan cincin atau anting sebanyak 29 Kali.

"Untuk total operasi penyelamatan ini, dalam setahun terakhir ada 229 kali kegiatan," paparnya.

Terakhir, Sumino menjelaskan jika sepanjang tahun 2021, pihaknya juga melakukan sejumlah kegiatan simulasi, sosialisasi dan pelatihan kepada kelompok masyarakat di desa, relawan kecamatan, hingga perusahaan, gedung dan sekolah yang totalnya mencapai 45 kegiatan. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved