Breaking News:

Update Terbaru Omicron di Indonesia, Hingga Senin Sudah Ada 152 Pasien, 6 Orang Transmisi Lokal

Hingga Senin siang, total pasien Covid-19 varian Omicron di Indonesia yang terpapar dari transmisi lokal sudah mencapai enam orang

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
dok.via Tribunnews
Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Hingga Senin (3/1/2022) siang, total pasien Covid-19 varian Omicron di Indonesia yang terpapar dari transmisi lokal sudah mencapai enam orang.

Sementara secara keseluruhan, total pasien Covid-19 varian Omicron sudah mencapai 152 orang.

Dari jumlah itu, sebanyak 34 orang di antaranya sudah dinyatakan sembuh dan saat ini kembali ke rumahnya masing-masing.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut sebagian besar pasien yang dinyatakan positif varian Omicron merupakan pelaku perjalanan luar negeri.

"Dari 152 (kasus Covid-19 dari varian Omicron) kita tahu 6 sudah merupakan transmisi lokal, ada yang datang sebagian besar di Jakarta tapi ada juga yang datang dari Medan dan juga dari Bali dan Surabaya," kata Budi dalam konferensi pers melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (3/1/2022).

Budi mengatakan, sebagian besar pasien Covid-19 dari varian Omicron di Indonesia tidak memiliki gejala dan mengalami gejala ringan.

"Artinya tidak membutuhkan oksigen, saturasinya masih di atas 95 persen dan 34 persen atau 34 orang sudah sembuh dan sudah kembali ke rumah," ujar dia. 

Baca juga: Ini Perintah Presiden Jokowi Kepada Jajarannya untuk Cegah Meluasnya Varian Omicron

Menurut dia, kasus Covid-19 dari varian Omicron bisa menembus seseorang yang sudah divaksinasi.

Meski demikian, vaksin Covid-19 mampu memberikan perlindungan sehingga angka keterisian tempat tidur di rumah sakit rujukan tidak mengalami peningkatan.

"Perlindungan dari t-cell masih bisa melindungi dengan cukup baik. Itu yang menjelaskan kenapa hospitality rate-nya yang masuk rumah sakit lebih rendah," ucap dia.

Budi meminta masyarakat tetap mewaspadai penularan varian Omicron meski kasus Covid-19 di Indonesia berada di titik rendah.

"Ini karantina kita sudah cukup ketat kita berhasil menahan masuknya Omicron ke dalam," kata dia. (*)

 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved