Breaking News:

Satpol PP Sita Ribuan Rokok Ilegal Tanpa Cukai yang Dijual Warung-warung Kecil di Klaten

Ribuan batang rokok ilegal yang beredar di warung-warung di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah kembali disita oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP)

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
Istimewa
Petugas Satpol PP Klaten saat menyita sejumlah rokok ilegal dari sebuah warung di daerah itu, Rabu (15/12/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Ribuan batang rokok ilegal yang beredar di warung-warung di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah kembali disita oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Klaten dan tim gabungan.

Ribuan batang rokok ilegal itu disita oleh Satpol PP saat digerlarnya operasi bersama pemberantasan barang kena cukai (BKC) Ilegal di Kabupaten Bersinar, Rabu (15/12/2021).

Plt Kabid Penegakan Perda dan Perbup Dinas Satpol PP Klaten, Sulamto mengataka kegiatan bersama itu dilakukan untuk menyasar empat kecamatan yakni, Klaten Utara, Kalikotes, Delanggu dan Wonosari.

Baca juga: Ratusan Warga Terdampak Krisis Air Bersih di Lereng Gunung Merapi Klaten Terima Dropping Air

"Saya laporkan kita bersama tim gabungan menyisir 4 kecamatan pada hari ini, dari hasil penyisiran terdapat 7.866 batang rokok ilegal yang disita," ucapnya pada awak media seusai kegiatan itu.

Menurut dia, ribuan rokok ilegal itu terdiri dari beragam jenis dan harga jualnya juga sangat murah di pasaran karena dijual dengan harga Rp 4 ribu hingga Rp 6 ribu per bungkusnya.

"Selanjutnya rokok ini akan kita serahkan ke bea cukai Surakarta untuk proses lebih lanjut. Sementara untuk pedagang kita kasih teguran dan pembinaan," jelasnya.

Pelarangan jual beli rokok ilegal itu gelah diatur dalam Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2007 tentang Cukai.

Selain itu juga ada, surat Sekda Provinsi Jawa Tengah tertanggal 26-11-2021 No. 976/0016733 tentang permohonan personil operasi bersama pemberantasan BKC ilegal di Kabupaten Klaten.

"Tadi kita menyisir 4 kecamatan itu hanya tiga jam saja, dimulai pukul 09.00 hingga 12.00," ucap Sulamto.

Kemudian, Sulamto menjelaskan jika razia kali ini merupakan yang ke 4 kalinya pihaknya laksanakan dalam satu tahun terakhir.

Baca juga: Disdikpora DIY: Libur Sekolah 24 Desember 2021 Hingga 2 Januari 2022, Siswa Diimbau Tak Keluar Kota

Selama tahun 2021 ini, sekitar 11.000 batang rokok ilegal yang beredar di Klaten berhasil diamankan.

Menurutnya rokok ilegal lebih berbahaya dari rokok yang telah bercukai karena rokok ilegal yang tak bercukai itu tidak ada takaran nikotin dan lainnya.

"Ke depan kita akan terus giatkan operasi ini untuk menekan peredaran rokok ilegal di Klaten," jelasnya. 

Sebelumnya Kepala Satpol PP Klaten, Joko Hendrawan memastikan jika jajarannya akan terus melakukan pengawasan dan penertiban terhadap hal-hal yang bertentang dengan peraturan daerah (Perda) yang berlaku di daerah itu. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved