Breaking News:

Ratusan Warga Terdampak Krisis Air Bersih di Lereng Gunung Merapi Klaten Terima Dropping Air

Ratusan warga yang mengalami krisis air bersih di lereng Gunung Merapi tepatnya di Desa Panggang, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
Dok Humas Polres Klaten
Warga Desa Panggang, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, saat mengantre bantuan air bersih dari Polres Klaten, Rabu (15/12/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Ratusan warga yang mengalami krisis air bersih di lereng Gunung Merapi tepatnya di Desa Panggang, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah menerima bantuan air bersih sebanyak 3 tangki.

Ratusan warga sebelumnya dilaporkan mengalami krisis air disebabkan oleh putusnya pipa sumber air bersih setelah diterjang banjir lahar dingin Merapi, Rabu (1/12/2021).

Jajaran Polres Klaten kemudian memberikan bantuan air bersih kepada ratusan warga Desa Panggang, Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten yang terdampak krisis air itu, Rabu (15/12/2021).

Baca juga: Sisir Perkampungan, Binda DIY Jemput Bola Warga Mergangsan Kota Yogyakarta yang Belum Vaksin 

"Polres Klaten memberikan bantuan berupa air bersih yang kita kirim ke Desa Panggang karena disana ada 700 jiwa yang memang saat ini membutuhkan air bersih," ujar Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo.

Kapolres Klaten menjelaskan, putusnya pipa induk air bersih yang menghubungkan sumber air Bebeng menuju bak penampungan Klangon di lereng Gunung Merapi tak hanya berdampak pada Desa Panggang.

Namun, juga memberikan dampak yang sama di 2 desa lainnya yakni Desa Sidorejo dan Desa Balerante yang juga berada di lereng Gunung Merapi.

"Ini dampak dari kemarin ada kerusakan (pipa air bersih) yang ada di Sleman.  Karena di sana rusak, dampaknya salah satunya di wilayah Klaten, Desa Panggang tersebut," ucapnya.

Ditambahkan oleh Kapolres, pemberian bantuan air bersih ini akan terus berlanjut.

Direncanakan setiap hari akan ada pengiriman air bersih guna membantu masyarakat di wilayah Kecamatan Kemalang.

Baca juga: Disdikpora DIY: Libur Sekolah 24 Desember 2021 Hingga 2 Januari 2022, Siswa Diimbau Tak Keluar Kota

"Ke depan akan setiap hari kita kirim ke atas guna membantu kecukupan air bersih. Hari ini ada 3 tangki yang kita kirim, untuk keseluruhan kita sudah siapkan 15 tangki air bersih," paparnya.

Sementara itu Kades Panggang Kris Dwiyanto merasa sangat terbantu atas bantuan yang diberikan Polres Klaten. Sudah 2 minggu ini warganya harus membeli air bersih seharga 150 ribu rupiah per tangkinya untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari.

"Terimakasih kepada bapak Kapolres berserta jajaran. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi kami, apalagi ini bantuan pertama sejak ada gangguan suplai air bersih," ucap dia. (Mur)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved