Breaking News:

Berita Kabupaten Magelang Hari Ini

BPBD Magelang Imbau Masyarakat Siaga Gunung Merapi

Warga diminta mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan.

Twitter BPPTKG
Visual Gunung Merapi yang terpantau dari PGM Jrakah, Rabu (6/10/2021) lalu. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magelang mengimbau masyarakat untuk tetap siaga terhadap potensi bahaya Gunung Merapi.

Kepala bidang pencegahan dan kesiapsiagaan BPBD Magelang, Gunawan Imam Suroso menuturkan, saat ini  Gunung Merapi masih memperlihatkan peningkatan aktivitas.

"Hari ini, terjadi  guguran lava dan awanpanas pada sektor tenggara-barat daya sejauh maksimal 3 km ke arah sungai Woro dan sejauh 5 km ke arah sungai Gendol, Kuning, Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, Dan Putih. Sedangkan lontaran material vulkanik bila terjadi erupsi eksplosif dapat menjangkau radius 3 km dari puncak," ujarnya pada Rabu (08/12/2021).

Baca juga: Ganjar Pranowo: Warga Lereng Merapi Siaga, Jogja, Magelang, Klaten, Boyolali

Tak hanya itu, masyarakat pun diminta agar mengantisipasi gangguan akibat abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi serta mewaspadai bahaya lahar terutama saat terjadi hujan di seputar Gunung Merapi.

Kegiatan penambangan di alur sungai yang berhulu di Gunung Merapi dalam KRB III direkomendasikan untuk dihentikan. 

Lalu, pelaku wisata pun direkomendasikan tidak melakukan kegiatan pada daerah potensi bahaya dan bukaan kawah sejauh 5 km dari puncak Gunung Merapi

"Masyarakat agar tidak melakukan kegiatan apapun di daerah potensi bahaya," ucapnya. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved