Breaking News:

Warga Ceper Klaten Atasi Permasalahan Sampah Rumah Tangga dengan Melalui Budidaya Maggot

Seorang warga bernama Fitria mengembangkan budidaya maggot dengan nama Omah Maggot Ceper untuk mengurai sampah organik

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUN JOGJA / ALMURFI SYOFYAN
Pendiri Omah Maggot Ceper, Fitria (hijab pink), saat menjelaskan cara kerja maggot mengurai sampah ke Camat Ceper Seniwati (jilbab kuning) di Desa Ngwonggo, Ceper, Klaten, Selasa (7/12/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sampah organik tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, termasuk bagi warga Desa Ngawonggo, Kecamatan Ceper, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Untuk mengurai sampah organik di sekitar tempat tinggalnya, seorang warga bernama Fitria mengembangkan budidaya maggot dengan nama Omah Maggot Ceper.

Diharapkan dengan adanya kegiatan tersebut, persoalan sampah di sekitar tempat tinggalnya bisa teratasi.

Sebagaimana diketahui, Maggot merupakan larva dari serangga jenis Black Soldier Flies (BSF).

Pendiri Omah Maggot Ceper, Fitria mengatakan awal mula dirinya tertarik untuk mengembangkan budidaya maggot karena ingin memanfaatkan sampah rumah tangga.

"Awalnya dari memanfaatkan lahan yang tidak terpakai, lalu saya dapat informasi soal maggot dan sudah satu tahun ini mulai menekuni budidaya maggot," ucap Fitria pada TribunJogja.com, Selasa (7/12/2021).

Ia menjelaskan, maggot memiliki banyak kelebihan dan sangat membantu dirinya dalam mengatasi pemilahan sampah dari rumah.

"Maggot ini mampu mengurai sampah yang mana di tubuhnya maggot itu nanti berubah menjadi protein tinggi dan bagus untuk pakan ternak seperti ikan, ayam hingga bebek," ucapnya.

Ia menjelaskan, satu kilogram maggot dapat mengurai sekitar 3 kilogram sampah organik.

Untuk saat ini, kata dia, dirinya memiliki sekitar 500 kilogram maggot yang terdiri dari berbagai umur seperti bayi maggot hingga maggot dewasa.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved