Breaking News:

Berita DI Yogyakarta Hari Ini

Temui Sri Sultan HB X, Ridwan Kamil Ajak Raja Keraton Yogyakarta Bernostalgia di Bandung

Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil mengajak Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku (HB) X untuk bernostalgia di Kota Bandung, Jawa Barat.

TRIBUNJOGJA.COM / Yuwantoro Winduajie
Ridwan Kamil dan Sri Sultan Hamengku Buwono X 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil mengajak Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku (HB) X untuk bernostalgia di Kota Bandung, Jawa Barat.

Hal itu diungkapkan Ridwan Kamil kepada awak media usai menemui Sri Sultan HB X dalam perhelatan Gelar Budaya Jawa Barat yang digelar di Restoran Rama-Shinta, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (1/12/2021) malam.

Dalam gelaran tersebut juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Salah satu isinya soal pengembangan potensi daerah masing-masing.

Setelah Gelar Budaya Jawa Barat sukses digelar di DIY, Sri Sultan nantinya akan bergantian melakukan kunjungan persahabatan ke Jawa Barat untuk memamerkan potensi budaya yang dimiliki daerahnya.

Baca juga: Kunjungi DI Yogyakarta, Ridwan Kamil Pamerkan Kuliner Unik Coletot 

RK sapaan akrabnya, menyinggung keinginannya untuk mengajak Sri Sultan bernostalgia sembari jalan-jalan keliling Kota Bandung.

Pasalnya Permaisuri Keraton Yogyakarta GKR Hemas diketahuinya sempat tinggal di Bandung bersama orang tuanya saat menjalin kasih dengan Sri Sultan.

"Nanti kalau Sultan berkenan tentu akan ada rute nostalgia karena dulu GKR Hemas ikut orang tuanya di Bandung. Sri Sultan jatuh cinta dan ngapelnya keliling Bandung. Mungkin karena faktor udara (di Bandung) gerimis romantis (Sri Sultan dan GKR Hemas jatuh cinta)," terangnya.

Lebih jauh, RK menyebut bahwa langkah saling kunjung itu dilakukan untuk mempererat hubungan antara Jawa dan Sunda serta membangun hubungan kerja sama di berbagai sektor seperti budaya dan ekonomi kreatif.

Banyak yang menafsirkan bahwa hubungan Jawa-Sunda memiliki sejarah kelam. Karenanya penguatan terus dilakukan.

Satu di antara langkah konkrit penguatan hubungan kedua wilayah yakni melalui peresmian nama Jalan Siliwangi dan Pajajaran di DI Yogyakarta.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved