Breaking News:

Gerakan Menanam Pohon LDII Dimulai dari DI Yogyakarta

Penanaman pohon merupakan salah satu dari 8 bidang pengabdian LDII yakni pangan dan lingkungan hidup.

Ist
Ketum DPP LDII, Ir. KH. Chriswanto Santoso, M.Sc. (kiri) dan Kabiro Bina Mental Spiritual DIY, H. Djarot Margiantoro, S.TP., M.Sc. (kanan) mendengarkan penjelasan pembuatan kain ecoprint dari Omah Fatma (tengah) dalam rangka memeringati Hari Menanam Pohon Indonesia di Bumi Perkemahan Dewaruci Yogyakarta, 28 November 2021 

TRIBUNJOGJA.COM - Dalam rangka menyambut Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Pohon Nasional, LDII menggelar launching penanaman pohon di Pantai Selatan Yogyakarta.

Kegiatan ini dipusatkan di Bumi Perkemahan Dewaruci, Sanden, Bantul, DIY, Minggu (29/11/2021).

Penanaman pohon merupakan salah satu dari 8 bidang pengabdian LDII yakni pangan dan lingkungan hidup.

DIY dipilih oleh DPP LDII sebagai tempat penanaman pohon, yang selanjutnya akan diikuti oleh provinsi, kabupaten/kota lain di seluruh Indonesia.

Adapun bibit pohon yang ditanam di areal tersebut terdiri dari pohon filosofi Yogyakarta, kepel (Stelechocarpus burahol).

Di samping itu, ditanam pula buah dan pohon ecoprint (pohon warna).

Pohon buah antara lain : pohon mangga (Magnifera indica), pohon sirsak (Annora muricata), pohon durian (Durio) , dan pohon jambu air (Syzygium aquem).

Pohon kepel inilah yamg merupakan pohon filosofi, karena di masa lalu buahnya digemari oleh Putri Keraton dengan berbagai khasiat di dalamnya.

Adapun pohon ecoprint antara lain: lanang (Oroxylum indicum), kalpataru (Ficus religiosa), red panama (Hibiscus acetosella), kenikir (Cosmos sulphureus). Jarak kepyar merah (Ricinus communis L.), truja (Peristrophe bivalvis), ketepeng kebo (Cassia alata) dan handeuleum / daun ungu / daun ambeien (Graptophyllum pictum).

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua Umum DPP LDII Ir. KH. Chriswanto Santoso, M.Sc., Ketua DPW LDII DIY Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D., Kepala Biro Bina Mental Spiritual Setda DIY H. Djarot Margiantoro, S.TP., M.Sc., Ketua Umum MUI DIY Drs. KH. Abdurrahman, dan sejumlah pejabat lain.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved