Breaking News:

PKL Malioboro Kaget, Mendadak Disosialisasikan Rencana Relokasi per Januari 2022 

Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta, merasa bak disambar petir di siang bolong ketika Pemkot setempat mendadak

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta, merasa bak disambar petir di siang bolong ketika Pemkot setempat mendadak memberi informasi soal relokasi per Januari 2022 mendatang. 

Sebagai informasi, rencana relokasi PKL Malioboro ini, sejatinya sudah bergulir sejak lama, tapi terkesan timbul tenggelam, dan tidak kunjung terealisasi.

Beberapa lokasi disebut-sebut siap menampung PKL, seperti eks Gedung Bioskop Indra, serta eks Kantor Dinas Pariwisata DIY. 

Baca juga: DPRD DIY Prihatin Banyak Siswa di DI Yogyakarta Terpapar Covid-19 saat Pembelajaran Tatap Muka

Ketua Paguyuban PKL Tridharma Malioboro, Rudiarto menyampaikan, pihaknya mendapat informasi mengenai relokasi tersebut, ketika menghadiri giat sosialisasi, yang digelar UPT Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya Kota Yogyakarta, di salah satu hotel, Selasa (23/11/2021). 

Ia menyebut, kegiatan tersebut terkesan mendadak dan hanya disampaikan lewat telepon oleh pihak UPT.

Semula, Rudi mengira, pertemuan ini guna membahas polemik PKL dengan Tiempo Gelato Malioboro, yang memasang kursi-kursi di depan toko, sehingga menghalangi PKL untuk berjualan di area yang sebelumnya mereka tempati. 

"Ternyata, apa yang kita dapat di pertemuan itu malah bagaikan petir di siang bolong. Bukannya dikembalikan ke lapak semula yang ditempati toko itu, tapi malah dikasih sosilaisasi relokasi," keluhnya, Jumat (26/11/2021). 

Terang saja, sebagai perwakilan paguyuban, dirinya pun belum dapat memberikan jawaban dalam kesempatan itu.

Rudi tak menampik, informasi tersebut jelas membuatnya terkaget-kaget.

Terlebih, momentumnya tepat saat PKL tengah menuai pundi-pundi, usai lama mati suri. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved