Breaking News:

Berita Klaten Hari Ini

Jalan Evakuasi Merapi di Klaten Rusak, Warga Sidorejo Ramai-ramai Datangi Gedung DPRD

Kedatangan puluhan warga tersebut untuk mengadukan nasib Jalan Deles-Kaliwuluh yang sudah rusak sejak beberapa tahun terakhir.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Almurfi Syofyan
Sejumlah warga Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten saat mendatangi Kantor DPRD Klaten, Kamis (25/11/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Puluhan warga Desa Sidorejo, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, ramai-ramai mendatangi gedung DPRD Klaten.

Kedatangan puluhan warga tersebut untuk mengadukan nasib Jalan Deles-Kaliwuluh yang sudah rusak sejak beberapa tahun terakhir.

Jalan yang melintasi desa di lereng Gunung Merapi itu merupakan akses bagi warga yang tinggal di kawasan rawan bencana (KRB) I, II dan III untuk melakukan evakuasi jika gunung setinggi 2.910 meter di atas permukaan laut (MDPL) itu erupsi.

Pantauan Tribunjogja.com di lokasi, puluhan warga mulai berdatangan di gedung DPRD Klaten sekitar pukul 09.30.

Baca juga: Jalan Deles-Kaliwuluh di Lereng Merapi Klaten Rusak, Warga Minta Segera Diperbaiki

Aparat kepolisian tampak juga berjaga-jaga di sekitar gedung DPRD Klaten.

Sekitar pukul 10.00 perwakilan warga diterima oleh Komisi III DPRD Klaten, yang diketuai oleh Basuki Efendi di ruang rapat lantai II DPRD Klaten.

Ketua RW 6 Desa Sidorejo, Suharto menyebut jika tujuan dari kedatangan warga desa setempat ke DPRD untuk meminta pihak legislatif mengupayakan percepatan pembangunan jalan yang sudah rusak itu.

"Tujuan kami sesuai dengan apa yang disuarakan teman-teman, agar jalan segera dibangun bukan diperbaiki karena jalannya sudah rusak parah dan akibatnya berpengaruh ke semua sektor," ucapnya saat ditemui di gedung dewan.

Ia menjelaskan, saat Gunung Merapi erupsi, warga setempat sangat kesulitan untuk melakukan evakuasi karena rusaknya Jalan Deles-Kaliwuluh tersebut.

"Saat erupsi merapi juga susah untuk evakuasi ini efeknya sudah ke beberapa sektor, mulai dari sosial, ekonomi hingga sektor lainnya," kata dia.

Baca juga: Jalan Deles-Kaliwuluh di Lereng Merapi Klaten Rusak, DPUPR Siapkan Dana Rp 5 Miliar untuk Perbaikan

Ia mengaku, jalan yang rusak di kampungnya sudah terjadi sejak 4 atau 5 tahun terakhir.

Warga kata dia, telah berupaya melakukan pengurukan jalan berlubang dengan menggunakan tanah, tapi tidak bertahan lama dan kembali rusak.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Klaten, Basuki Efendi mengatakan jika pihaknya bakal mendorong eksekutif untuk menganggarkan pembangunan jalan tersebut pada tahun 2022.

"Kita upayakan untuk dianggarkan tahun 2022. Ini akan kita tindak lanjuti dengan anggota agar segera ditindak lanjuti," kata dia. ( Tribunjogja.com )

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved