Breaking News:

Rawan Kecelakaan, Ruas Jalan di Sendangrejo Sleman Dipasang Lampu Penerangan

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman memasang lampu penerangan jalan umum (PJU) di jalan Planggok, Jaten, Kalurahan Sendangrejo, Kapanewon Ming

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
Dok Dishub Sleman
Petugas memasang lampu PJU di jalan Planggok, Jaten, Kalurahan Sendangrejo, Kapanewon Minggir yang selama ini minim penerangan dan memicu terjadinya kecelakaan lalulintas. 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Sleman memasang lampu penerangan jalan umum (PJU) di jalan Planggok, Jaten, Kalurahan Sendangrejo, Kapanewon Minggir.

Ruas jalan di Sleman bagian barat itu selama ini minim dengan lampu penerangan dan disebut sering terjadi kecelakaan, hingga menyebabkan jatuhnya korban jiwa. 

"Hari ini kami memasang lampu penerangan jalan umum di ruas jalan Planggok, Jaten, Sendangrejo. Kemarin sudah diinstruksikan oleh Ibu Bupati agar segera ditindaklanjuti," kata Kepala Dishub Sleman, Arip Pramana, melalui keterangan, Rabu (24/11/2021).

Baca juga: Dinkes Bantul Luncurkan Mobil Maternal untuk Tekan Angka Kematian Ibu

Pemasangan lampu di ruas jalan tersebut, kata Arip karena sering ada kejadian kecelakaan lalu lintas.

Bahkan, berdasarkan data yang dihimpun, ada 6 orang pengguna jalan telah meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas di jalan dengan kontur lurus dan minim penerangan itu.

Adapun penyebab kecelakaan beragam. 

"Tapi memang di jalur tersebut minim penerangan," tutur dia. 

Lampu penerangan jalan umum yang dipasang hari ini sebanyak 10 titik dengan panjang ruas jalan 500 meter.

Selain dari Pemerintah Kabupaten Sleman, dipasang juga 3 PJU solar cell dari Kementrian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM).

Dengan dipasang penerangan jalan umum ini maka diharapkan kejadian kecelakaan lalu lintas bisa berkurang. 

Baca juga: Polres Klaten Bantu 40 Sak Semen untuk Renovasi Masjid di Desa Brangkal

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo mengaku sebelumnya telah meninjau lokasi ruas ruas jalan Planggok, Jaten, Sendangrejo, Kapanewon Minggir, pada Jumat, 29 Oktober 2021.

Tinjauan tersebut dilakukan karena berdasar laporan, di jalan tersebut sering terjadi kecelakaan lalu lintas dan sebagian besar korban meninggal dunia.

"Saya cek dan ternyata memang PJU di sekitar tempat ini sangat minim. Saya sudah minta Dinas terkait untuk segera ditindaklanjuti. Agar pengguna jalan yang melintas tidak was-was dan meminimalisir kejadian kecelakaan," katanya. (rif)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved