Breaking News:

Sebanyak 169 Orang Berpartisipasi untuk Gelar Duta Museum DIY 2022

Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY melaksanakan pemilihan Duta Museum 2022. Proses pemilihan sudah dimulai sejak 4 November lalu. 

Dok Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY
Peserta Pemilihan Duta Museum DIY 2022 mengikuti field trip ke Museum Sangiran dan Museum Tumurun 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) DIY melaksanakan pemilihan Duta Museum 2022. Proses pemilihan sudah dimulai sejak 4 November lalu. 

Perwakilan Panitia Pemilihan Duta Museum 2022, Ria Putri Palupijati mengatakan pemilihan Duta Museum dimulai dengan seleksi administrasi. Ada 169 peserta yang mendaftar untuk menjadi Duta Museum.

"Kemarin sudah dimulai dengan pengumpulan berkas, mulai dari formulir pendaftaran, CV, esai, sertifikat, dan syarat administrasi lainnya. Ada 169 berkas yang masuk, kemudian kami seleksi lagi," katanya melalui keterangan tertulis, Selasa (23/11/2022).

Baca juga: Sejumlah Pemain PSIM dalam Pantauan Medis Kemungkinan Besar Masih Dapat Dimainkan

Dari 169 pelamar, ada 90 orang yang lolos ke tahap selanjutnya. Proses seleksi selanjutnya adalah wawancara seputar Kebudayaan Jawa, permuseuman, dan inovasi dan kreativitas di era 4.0. 

"Banyak potensi yang luar biasa dari teman-teman muda ini. Mau berperan untuk memajukan museum di DIY," sambungnya.

Kendati demikian, pihaknya tidak bisa meloloskan semua peserta.

Dari 90 peserta tersebut, panitia mengambil 38 peserta terbaik. Selanjutnya para peserta akan diajak untuk mengikuti field trip, karantina, dan pembekalan materi Pemilihan Duta Museum DIY 2022. 

Baca juga: Disdikpora Kulon Progo Akui Seorang Pejabatnya Terseret Kasus Korupsi Pembangunan GOR Cangkring

Para peserta mendapat banyak materi, seperti public speaking, story telling, digital marketing, unggah-ungguh atau tata krama Jawa, dan lain-lain. 

Setelah berbagai kegiatan dilalui, nantinya 38 peserta yang sudah lolos akan disaring kembali menjadi 10 besar. 

"Nanti akan diambil 10 besar dan nanti ada penentuan juara I,II, III, dan Duta Museum DIY 2022. Penobatan akan dilaksanakan pada 29 November mendatang," imbuhnya. (maw)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved