Breaking News:

Jadi Penggerak Pariwisata, Pemkot Yogyakarta Perkuat Kelembagaan Pokdarwis

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta berupaya memperkuat kelembagaan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di wilayahnya. Pasalnya, ke depannya

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta berupaya memperkuat kelembagaan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di wilayahnya.

Pasalnya, ke depannya, mereka didorong menjadi penggerak pariwisata kota pelajar. 

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Yogyakarta, Wahyu Hendratmoko menandaskan, upaya tersebut, salah satunya lewat agenda Focus Group Discussion (FGD), yang digulirkan Senin (22/11/2021).

Dalam kesempatan itu, ia pun mengakui peran penting Pokdarwis bagi masa depan pariwisata. 

Baca juga: Polres Magelang Masih Buru Pelaku Pelemparan Batu di Jalan Mertoyudan

"Ya, Pokdarwis, pengelola kampung wisata, dan kelurahan maupun kemantren, mempunyai peranan besar dan elemen penting penggerak pariwisata kita," ungkap Wahyu. 

Karena itu, Pemkot Yogyakarta berkomitmen menguatkan kelembagaan Pokdarwis lewat FGD tersebut. Imbuh Wahyu, penguatan kelembagaan Pokdarwis, dilaksanakan dengan merumuskan strategi kelembagaan dari aspek organisasi, sumber daya, pelayanan, dan jaringan kerja sama. 

"Kita diskusikan tentang peran masing-masing pihak terkait penguatan kelembagaan kampung wisata, dan Pokdarwis, dengan dukungan pemerintah kelurahan," ujarnya. 

"Seluruh elemen penggerak dituntut mampu menciptakan kemasan pariwisata secara kreatif, maupun inovatif, serta menyesuaikan tuntutan zaman," tambah Kadispar. 

Baca juga: PAN Kota Yogyakarta Gulirkan Pit-pitPAN, Usung Tema Napak Tilas Mataram Kotagede

Pihaknya pun mencatat, saat ini, sebanyak 31 kelurahan di Kota Yogyakarta tengah berproses, atau sudah membentuk kepengurusan Pokdarwis.

Dari jumlah tersebut, sebanyak empat kelurahan sudah terbentuk Pokdarwis, sekaligus mengantongi surat keputusan dari Gubernur DIY. 

"Meliputi Kelurahan Rejowinangun, Giwangan, Keparakan, dan Patangpuluhan. Kemudian, ada 10 kelurahan yang kita targetkan bisa selesai tahun ini," jelasnya. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved