Breaking News:

Berita Pendidikan Hari Ini

UMY Resmikan Dasron Hamid Research and Innovation Centre, Upaya Hilirisasi Penelitian

Gedung tersebut telah diresmikan sejak Kamis (18/11/2021), bertepatan dengan hari perayaan Milad ke-109 Muhammadiyah.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Gaya Lufityanti
istimewa
Gedung sembilan lantai Darson Hamid Research and Innovation Centre di UMY 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - 18 tahun sejak ide awal dicetuskan, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akhirnya bisa meresmikan Dasron Hamid Research and Innovation Centre (DHRIC), gedung sembilan lantai yang bakal menjadi pusat penelitian untuk semua bidang keilmuan.

Gedung tersebut telah diresmikan sejak Kamis (18/11/2021), bertepatan dengan hari perayaan Milad ke-109 Muhammadiyah.

Rektor UMY, Dr Ir Gunawan Budiyanto MP IPM mengatakan, adanya DHRIC ini adalah upaya untuk memberikan solusi atas permasalahan yang ada di masyarakat.

“Kadang kala, permasalahan yang ada tidak hanya bisa dipandang dari satu perspektif di bidang ilmu. Maka,  pendirian DHRIC ini ditujukan untuk memunculkan penelitian yang menginteraksikan berbagai macam bidang keilmuan, sehingga proses hilirisasi bisa tercapai,” ucapnya saat peresmian.

Baca juga: Dukung Program Pemerintah Percepat Herd Immunity, UMY Sudah 11 Kali Gelar Vaksinasi Covid-19

Gunawan menyimpulkan, adanya hilirisasi penelitian itu tidak hanya dibangga-banggakan oleh peneliti saja, tapi juga menjadi solusi permasalahan di masyarakat.

Dia menjelaskan, gedung tersebut bakal diisi dengan laboratorium dari seluruh bidang ilmu, baik itu sains maupun sosial dengan Lembaga Riset dan Inovasi (LRI) sebagai lembaga yang menangani.

Akan tetapi, ia menegaskan, riset yang dilakukan di dalam gedung ini harus bersifat kolaboratif utnuk masalah di masyarakat yang memerlukan sudut pandang dari berbagai bidang ilmu.

“Sementara, untuk riset terbatas, pada bidang ilmu tertentu, masih kita sediakan di masing-masing program studi. Mahasiswa bisa pakai gedung ini kalau jadi bagian dari tim riset kolaboratif. Peneliti dari luar juga bisa melakukan penelitiannya di sini,” tukasnya.

Mengenai penggunaan nama Dasron Hamid, gedung tersebut diberi nama sama dengan mantan Rektor UMY, Ir HM Dasron Hamid MSc yang juga merupakan pendiri UMY.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved