Breaking News:

Sering Dianggap Aman, Padahal 3 Makanan Ini Bisa Picu Naiknya Gula Darah

Ada sejumlah makanan yang dianggap sehat bagi orang kebanyakan, tapi justru bisa membahayakan bagi para penderita diabetes tipe 2.

Editor: Mona Kriesdinar
grid.id
Ilustrasi : Gula Darah 

TRIBUNJOGJA.COM - Para penderita diabetes tipe, mengalami suatu kondisi di mana tubuh tak mampu mempertahankan kadar gula darah dalam kisaran normal. Bisa melonjak tinggi, bahkan bisa menurun di bawah normal. Kedua kondisi yang dinamakan hiperglikemia dan hipoglikemia ini sama-sama membahayakan.

Oleh sebab itu, penting artinya bagi para penderita diabetes tipe 2 untuk berhati-hati saat mengonsumsi asupan makanan atau minuman. Lantaran tak sedikit di antaranya yang berkontribusi besar dalam menaikkan kadar gula dalam darah.

Bahkan ada pula makanan yang dianggap sehat bagi orang kebanyakan, tapi justru bisa membahayakan bagi para penderita diabetes tipe 2.

Dokter Casey Means, M.D., seorang dokter lulusan Stanford mengatakan, ada makanan yang sebenarnya dianggap makanan sehat, tapi dalam kumpulan data kami rupanya merupakan pemicu glukosa terburuk.

“Bukan berarti Anda harus menghindari makanan sehat ini, tapi sesuaikan dan pastikan kadar gula darah Anda tidak naik setinggi langit,” kata Means.

Lebih lanjut Means menyebutkan tiga makanan sehat yang diam-diam bisa meningkatkan gula darah, sebagai berikut:

1. Anggur

Means mengungkap, banyak buah-buahan yang memiliki potensi meningkatkan kadar gula darah, tapi pada anggur tampak sangat besar.

Apalagi, umumnya anggur dimakan sendiri, tanpa pendamping sumber serat atau protein lain.

"Seringkali orang tidak memotong anggur dan memasukkannya ke dalam yoghurt—biasanya orang akan langsung memakannya. Jadi saya pikir tak adanya pendamping makanan membuatnya ‘bermasalah’," jelas Means.

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved