Breaking News:

Rangkaian Gempa Terjadi di Jateng, BPBD Kabupaten Magelang Imbau Masyarakat Tak Terpengaruh Hoaks

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magelang mengimbau masyarakat agar tidak terpengaruh informasi hoaks terkait gempa yang terjadi

ist
Ilustrasi gempa bumi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang mengimbau masyarakat agar tidak terpengaruh informasi hoaks terkait gempa yang terjadi di wilayah Jawa Tengah.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Magelang, Gunawan Imam Suroso menuturkan, banyak informasi hoaks yang tersebar dari sumber yang tidak kredibel kemudian diperluas oleh masyarakat yang awam.

"Sehingga, informasi ini (hoaks) menciptakan ketakutan bagi masyarakat sendiri. Seperti kemarin (25/10/2021), gempa di Ambarawa dan Banyu Biru, untuk Kabupaten Magelang masih aman dari dampak gempa. Jadi, masyarakat tidak perlu panik berlebihan," ungkapnya kepada Tribunjogja.com.

Baca juga: Meresahkan Warga, Pengamen Berkostum Pocong di Jalanan Klaten Diamankan Satpol PP

Ia menambahkan, masyarakat hanya diminta untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap risiko bencana.

"Kami minta masyarakat tetap waspada, namun jangan panik. Apabila terjadi gempa agar menghindar dari bangunan yang rentan atau rusak. Sebisa, mungkin mencari tempat kosong atau lapangan," terangnya.

Sementara itu, dari rangkaian gempa yang terjadi di wilayah Jawa Tengah, BPBD KabupatenMagelang memastikan tidak ada kerusakan yang terjadi baik rumah warga maupun fasilitas umum.

Baca juga: Tanggapan BBWSO dan DPRD DIY Soal 15 Lapak yang Terancam Tergusur di Bantaran Kali Code

Meskipun begitu, pihaknya tetap menyiagakan petugasnya di lokasi-lokasi rentan serta berkoordinasi dengan relawan dan masyarakat setempat.

"Sejauh ini, masih aman. Meskipun titik gempa berada di dekat Kabupaten Magelang. Namun, tetap tidak boleh lengah, baik petugas, relawan, dan masyarakat tetap harus memantau," urainya. (ndg)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved