Breaking News:

Pemkab Magelang Buka Layanan Call Center Untuk Masyarakat

Pemerintah Kabupaten Magelang  menyediakan layanan call center 112 untuk menangani segala macam kegawatdaruratan di tengah masyarakat.

TRIBUNJOGJA.COM/ Nanda Sagita Ginting
Petugas Call Center sedang mengawasi lalu lintas di Pemkab Magelang, Selasa (26/10/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pemerintah Kabupaten Magelang  menyediakan layanan call center 112 untuk menangani segala macam kegawatdaruratan di tengah masyarakat.

Masyarakat hanya perlu menelepon le nomor 112 dari semua operator tanpa perlu menggunakan kode area serta tidak berbayar. Petugas call center akan sigap merespon setiap laporan yang masuk melalui 112 Kabupaten Magelang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Magelang, Endra Wacana mengungkapkan call center 112 merupakan layanan kedaruratan yang berfungsi melayani segala kejadian darurat seperti kebakaran, bencana hingga binatang buas. 

Baca juga: PLN Kembangkan Gerobak Motor Listrik Untuk Tingkatkan Produktivitas Usaha Mikro Kecil

“Layanan ini dibuat untuk memberikan pelayanan semaksimal mungkin pada kejadian yang bersifat kedaruratan,” katanya, Selasa (26/10/2021).

Sebelumnya, setiap laporan kedaruratan memiliki nomor kontak masing-masing, seperti 110 untuk Kepolisian, 113 Damkar, 118 Ambulans, 119 Kesehatan, dan 115 Basarnas. Sehingga tidak ada nomor tunggal yang mudah diingat. 

“Dengan adanya satu nomor darurat, warga tidak perlu menghafal banyak nomor, tinggal menelepon 112, bisa dari telepon rumah maupun semua operator telepon selular dan bebas biaya,” terangnya.

Petugas operator call center 112 bersiaga selama 24 jam di Command Center Pemkab Magelang. Dalam pelayanannya, 112 melibatkan beberapa unsur terkait seperti Damkar, Satpol PP dan Kepolisian. Jadi, apapun jenis kedaruratan warga, tim Call Center akan selalu siap merespon dan menindaklanjuti laporan warga.

Setiap telepon yang masuk akan diterima oleh operator. Selanjutnya operator akan menanyakan data diri penelepon terutama, alamat dan kedaruratan yang akan disampaikan. 

Nomor penelepon akan tercatat di sistem operator, sehingga nantinya petugas bisa menelepon balik untuk mengkoordinasikan maupun mengabarkan tindak lanjutnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved