Breaking News:

6 Penyebab Penyakit Ginjal yang Bisa Menyerang Anak Muda

Penyebab gagal ginjal di usia muda relatif lebih beragam di antaranya bawaan lahir, penyakit ginjal turunan hingga infeksi

Editor: Rina Eviana
Kompas.com
Ilustrasi 

Tribunjogja.com - Tak hanya orang tua, penyakit gagal ginjal juga bisa dialami kalangan muda.

Penderita gagal ginjal dapat mengalami beragam masalah kesehatan karena organ vitalnya tidak mampu lagi membuang kelebihan air dan sisa limbah dari tubuh. 

Melansir Kid’s Health, fungsi ginjal cukup penting bagi tubuh. Sekitar 200 liter darah dipompa dari jantung melalui ginjal setiap hari. 

Organ vital ini menyaring kotoran, menjaga keseimbangan kimia dan cairan di dalam tubuh, sampai membuang sisa kotoran dari tubuh dalam bentuk urine. 

Selain itu, ginjal juga membantu mengatur tekanan darah, produksi sel darah merah, kalsium, serta mengontrol beberapa mineral penting lainnya. 

Penyebab gagal ginjal pada orang dewasa atau kalangan lansia biasanya berasal dari komplikasi tekanan darah tinggi atau Diabetes

Sedangkan anak muda relatif jarang mengembangkan tekanan darah tinggi dan Diabetes.  Penyebab gagal ginjal di usia muda relatif lebih beragam, antara lain: 

1. Penyakit ginjal bawaan lahir

 Melansir NIH, penyebab utama gagal ginjal di usia muda adalah penyakit ginjal bawaan lahir.  Cacat lahir ini biasanya berkembang sejak janin masih berkembang dalam rahim ibu hamil. 

Penyakit ginjal bawaan lahir yang bisa memicu gagal ginjal di antaranya agenesis ginjal, displasia ginjal, sampai ginjal ektopik.  Kelainan ginjal bawaan lahir ini menyebabkan ukuran, struktur, atau posisi ginjal berbeda dari kebanyakan organ normal. 

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved