Breaking News:

Pendidikan

Sempat Ada Siswa Terpapar Covid-19, Kini Seluruh Sekolah di Bantul Telah Melaksanakan PTM

Mulai pekan ini seluruh siswa dari jenjang SD SMP sederajat telah menggelar pembelajaran dengan tetap mengkombinasikan PTM dan PJJ.

Penulis: Santo Ari | Editor: Gaya Lufityanti
Pixabay.com / Alexandra_Koch
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas telah berlangsung di Bantul sejak akhir bulan September kemarin.

Pada awalnya, belum semua sekolah menggelar PTM terbatas, namun mulai pekan ini seluruh siswa dari jenjang SD SMP sederajat telah menggelar pembelajaran dengan tetap mengkombinasikan PTM dan PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh).

"Kalau SD sudah 365 sekolah, sudah semuanya. Kalau yang SMP, saat tahap awal 37 sekolah, tapi sekarang juga sudah semua, ada 94 sekolah," ujar Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Bantul, Isdarmoko, Rabu (13/10/2021).

Dalam kesempatan Isdarmoko menyatakan bahwa PTM terbatas ini tidak menghapus PJJ.

Baca juga: Uji Coba PTM Terbatas Mulai Dilaksanakan di Bantul: Seminggu Dua Kali, Sehari Hanya 2 Jam Pelajaran

Karena dalam PTM terbatas, siswa hanya masuk dua hari dalam seminggu, dan dalam satu hari hanya mengikuti dua mata pelajaran.

"Dan menggunakan shift karena 1 kelas hanya boleh 50 persen dari kapasitas," imbuhnya.

Selena PTM terbatas berlangsung, pihaknya sempat menghentikan proses PTM ke salah satu SD karena ada satu siswanya positif Covid-19, yakni SD Bantul Timur.

"Kasus ini juga sebenarnya bukan penularan di lingkungan sekolah, tapi memang kurang disiplin dalam protokol kesehatan. Jadi orang tuanya yang kena, dan menularkan ke anaknya, dan harus isolasi," ungkapnya.

Dalam kasus tersebut, orang tua tetap mengantarkan anaknya ke sekolah, meski satu keluarga terpapar Covid-19.

Setelah terungkap, pihak sekolah berkoordinasi dengan tenaga kesehatan melakukan tracing, dan beruntung virus Corona tidak menyebar ke teman-teman yang lain, termasuk guru.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved