Breaking News:

Sebanyak 90 Sekolah di Bantul Menggelar Pemilihan Osis Secara Online melalui e-Pemilos

Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih melaunching secara resmi Pemilos untuk SLTP dan MTS se-Kabupaten Bantul, Rabu (13/10/2021).

Penulis: Santo Ari | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Bantul 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Bupati Bantul, Abdul Halim Muslih melaunching secara resmi Pemilos untuk SLTP dan MTS se-Kabupaten Bantul, Rabu (13/10/2021).

Pemilos tahun 2021 ini dilakukan secara online dengan menggunakan aplikasi e-Pemilos yang dikembangkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Bantul.

Bupati berharap antusias para siswa dalam mengikuti pemungutan suara tetep tinggi meski dilakukan secara onlinde. Karena menurunya, pemilos sangat bermanfaat bagi kemajuan masing-masing sekolah.

Baca juga: UPDATE Covid-19 DI Yogyakarta 13 Oktober 2021: Tambah 43 Kasus Baru, 2 Pasien Meninggal

Ia menyatakan, dalam kegiatan E-Pemilos terdapat nilai-nilai demokrasi, seperti menghormati pilihan yang berbeda dan memberikan ruang yang sama bagi setiap siswa untuk menggunakan hak pilihnya.

"Sehingga kita harapkan dari e-Pemilos ini akan melahirkan pemimpin-pemimpin muda yang cerdas, berkualitas dan bertanggung jawab yang dapat membawa kemajuan sekolah serta untuk masa depan Bantul yang lebih baik," ungkapnya.

Bupati pun berpesan agar para siswa menggunakan hak pilihnya dengan pertimbangan rasional serta menghormati pilihan yang berbeda dari siswa yang lain.

Sementara itu, Ketua KPU Bantul, Didik Joko Nugroho menjelaskan bahwa Pemilos Serentak untuk SLTP/ MTS se-kabupaten Bantul ini diikuti oleh 90 sekolah dengan jumlah siswa yang terlibat sebanyak 37.443 orang.

Para siswa ini akan melakukan pemungutan suara dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 14.30 WIB. Pemilos yang telah dilaksanakan sejak Tahun 2011 ini diharapkan menjadi investasi demokrasi di Bantul.

"Harapannya, para siswa yang mengikuti pemilos saat ini dapat menjadi pemilih yang cerdas atau penyelenggara yang professional pada Pemilu atau Pemilihan di masa yang akan datang.

Lebih lanjut, Ketua Divisi Sosialiasasi dan Pendidikan Pemilih KPU Bantul, Musnif Istiqomah menerangkan bahwa tahapan pemilos serentak ini merujuk pada tahapan pemilu.  

Baca juga: UPDATE Covid-19 DI Yogyakarta 13 Oktober 2021: Tambah 43 Kasus Baru, 2 Pasien Meninggal

Panitia Pemilihan OSIS (PPO) melakukan pemutakhiran daftar pemilih, menerima pendaftaran calon, melaksanakan kampanye serta melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara.

"Dalam pemilos siswa akan praktik langsung sebagai pemilih, sebagai penyelenggara dan sebagai kandidat calon Ketua OSIS," ungkapnya.

Ia juga menambahkan, bahwa didalam aplikasi e-Pemilos para siswa selain memilih (vote) dapat melihat profil kandidat calon ketua OSIS serta melihat hasil akhir e-Pemilos dimasing-masing sekolah. (nto)  

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved