Breaking News:

Asam Lambung

Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Harus Anda Ketahui, Tak Hanya Sakit Perut dan Mual

Apa saja ciri-ciri asam lambung naik? Tak hanya sakit perut dan mual, jika asam lambung naik ada beberapa ciri-ciri yang harus Anda pahami.

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Rina Eviana
iStockphoto
Ilustrasi penderita GERD 

Tribunjogja.com - Apa saja ciri-ciri asam lambung naik? Tak hanya sakit perut dan mual, jika asam lambung naik ada beberapa ciri-ciri yang harus Anda pahami.

Ketika asam lambung naik ke kerongkongan, tubuh bisa merasakan sejumlah gejala.

Gejalanya bisa tergantung organ yang ikut terpengaruh asam lambung. Untuk itu, tidak semua penderita penyakit asam lambung punya gejala sama.

Asam Lambung
Asam Lambung (tribunpontianak)

Gejala penyakitnya bisa ringan sampai berat. Melansir Healhline, berikut beberapa ciri-ciri Anda terkena penyakit asam lambung:

1. Heartburn

Heartburn adalah ciri-ciri asam lambung kambuh yang paling kerap dilaporkan penderitanya. Perut kita secara alami terlindungi dari sifat korosif asam lambung. Namun, jika klep saluran pencernaan tidak berfungsi optimal, asam lambung dari perut bisa naik ke kerongkongan dan menimbulkan heartburn.

Heartburn adalah sensasi panas mirip terbakar yang tidak nyaman di dada. Tingkat keparahan heartburn yang dirasakan penderita asam lambung bisa ringan sampai menyakitkan.

2. Mulut terasa asam atau pahit

Jika naiknya asam lambung dari perut singgah ke belakang tenggorokan sampai mulut, Anda bisa merasakan asam atau pahit. Beberapa penderita juga melaporkan, rasa asam atau pahit di mulut ini diikuti timbulnya rasa panas mirip terbakar di tenggorokan dan mulut.

Baca juga: Asam Lambung Sering Kambuh? Hindari 10 Kebiasaan Berikut

3. Regurgitasi

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved