Breaking News:

Sekelompok Warga Kahuman Klaten Sukses Atasi Permasalahan Sampah Melalui Pembudidayaan Maggot

Usaha itu sukses mengatasi permasalahan sampah dan kemudian juga mendatangkan pundi-pundi rupiah

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUN JOGJA / ALMURFI SYOFYAN
Nurbudi Pranoto saat menunjukkan maggot yang dikelola oleh Bank Sampah Sami Ikhlas, Desa Kahuman, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah saat ditemui di desa itu, Senin (11/10/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sampah organik kerap kali menimbulkan permasalahan di lingkungan tempat tinggal.

Namun, tidak bagi warga Dukuh Padan I, Desa Kahuman, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Sekelompok warga yang kemudian mendirikan Bank Sampah Sami Ikhlas di kampung itu menginisiasi pembudidayaan maggot untuk mengurai permasalahan sampah.

Usaha itu sukses mengatasi permasalahan sampah dan kemudian juga mendatangkan pundi-pundi rupiah, yang dapat digunakan untuk pemberdayaan kegiatan warga sekitar.

"Budidaya maggot ini awalnya hanya untuk mengatasi permasalahan sampah organik di kampung ini," ujar Wakil Ketua Bank Sampah Sami Ikhlas, Nurbudi Pranoto, saat TribunJogja.com temui, Senin (11/10/2021).

Ia mengatakan, maggot merupakan larva dari lalat jenis Black Soldier Fly (BSF) yang bisa mengurai sampah organik dengan cepat.

"Sampah-sampah organik yang berasal dari rumah tangga seperti makanan sisa, sayuran dan buahan dengan cepat diurai oleh maggot tanpa mengeluarkan bau yang menyengat," katanya.

Menurutnya, selain mengurai permasalahan sampah, maggot yang dibudidayakan juga bisa digunakan untuk pakan ikan, ayam hingga bebek.

"Kalau maggot ini di kasih ke lele, bisa untuk mempercepat panen sekitar 1 minggu. Apalagi, harganya juga terjangkau," ulasnya.

Menurutnya, di Bank Sampah Sami Ikhlas, 1 kilogram maggot dijual dengan harga Rp7 ribu. Kemudian telur maggot juga dipatok Rp7 ribu per gram.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved