Breaking News:

Headline

Anak Bisa Masuk GL Zoo, Diskresi Kemenparekraf untuk Wisata DIY

"Sudah koordinasi dengan Dispar dan Satgas (Covid-19). Kebijakannya dikembalikan ke pengelola, sehingga kami memutuskan menerima kunjungan bagi anak d

Editor: Agus Wahyu
DOK. GL ZOO
VAKANSI - Wisatawan berkunjung ke GL Zoo. Foto diambil sebelum penerapan PPKM. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kebun Binatang Gembira Loka (GL Zoo), Kota Yogyakarta akhirnya membuka aksesnya untuk anak di bawah 12 tahun. Hal itu, seiring diskresi yang diberikan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Sebagai informasi, GL Zoo menjadi satu-satunya destinasi wisata di Kota Yogyakarta yang ditunjuk menjalani uji coba operasional oleh Kemenparekraf. Tapi, sebelum mendapat diskresi dari Menparekraf Sandiaga Uno, GL Zoo tidak diizinkan menerima wisatawan di bawah 12 tahun.

Manajer Pemasaran GL Zoo, Yosi Hermawan berujar, pihaknya melaksanakan diskresi selaras dengan apa yang disampaikan oleh kementerian. Ia pun mengaku sudah berkoordinasi dengan dinas pariwisata setempat.

"Sudah koordinasi dengan Dispar dan Satgas (Covid-19). Kebijakannya dikembalikan ke pengelola, sehingga kami memutuskan menerima kunjungan bagi anak di bawah 12 tahun per hari ini (kemarin)," terangnya, Senin (11/10/2021).

Namun ia menegaskan, syarat bagi anak-anak agar bisa mengakses GL Zoo adalah orang tua, atau pendampingnya harus sudah tervaksin, melakukan skrining lewat aplikasi Peduli Lindungi, serta menerapkan prokes ketat. Termasuk bagi anak-anak, yang diwajibkan mengenakan masker yang terstandarisasi selama berekreasi di GL Zoo.

Dispensasi, kata Yosi, hanya diberikan kepada bayi yang memang belum bisa memakai masker secara baik. "Kalau yang sudah bisa (pakai masker), ya, kita wajibkan. Berdasarkan hasil pemantauan tadi, rata-rata, 90 persen sudah bisa memakai masker kok itu," jelasnya.

Menurutnya, meski belum signifikan, pengunjung yang membawa anak di bawah 12 tahun mulai berdatangan di destinasinya. Hanya saja, pengelola memutuskan tidak menyebarluaskan diskresi ini kepada masyarakat.

"Tadi sampai jam 10.00 itu 95 persen pengunjung yang datang membawa anak-anak. Tapi, belum begitu banyak, masih di sekitar 30-an orang tadi (kemarin) pagi," ucap Yosi.

"Kita tidak terang-terangan mempersilakan anak untuk mengunjungi GL Zoo, tidak kita sampaikan di medsos juga. Karena sesuai imbuan pemerintah, anak-anak sebaiknya memang di rumah dulu sekarang, ya," terangnya.

Walau begitu, pihaknya tetap menyambut baik diskresi Kemenparekraf tersebut. Ia pun berharap, kelangsungan hidup seluruh makhluk di GL Zoo makin terjamin, seiring dibukanya akses untuk anak di bawah 12 tahun.
Pasalnya, sebagai objek wisata dengan segmen keluarga, GL Zoo benar-benar kewalahan ketika anak-anak dilarang masuk. Sementara biaya operasional, seperti makanan ternak butuh biaya yang tak sedikit.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved