Breaking News:

Tidak Ada Penularan Covid-19 di Sekolah, Pemkot Yogyakarta Pastikan PTM Berjalan Lancar 

Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memastikan terus melakukan evaluasi secara berkala terkait pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di wilayah

Penulis: Azka Ramadhan | Editor: Kurniatul Hidayah
dok Forpi Kota Yogyakarta
Suasana Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMP Negeri 8 Kota Yogyakarta. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memastikan terus melakukan evaluasi secara berkala terkait pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) di wilayahnya.

Sejauh ini, di kota pelajar sendiri, sekolah luring ini telah berlangsung sekitar tiga minggu terakhir. 

Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, seluruh sekolah di tingkat SD dan SMP sudah membuka kembali ruang kelasnya untuk para siswa.

Baca juga: Operasional Pedagang Kuliner di Klaten Dilonggarkan hingga Pukul 22.00 Setiap Malamnya

Hanya saja, khusus SD, hanya siswa kelas VI saja yang diperbolehkan mengikuti PTM, sementara sisanya masih via online. 

"Semua sekolah sudah buka, SD kelas VI ke atas, dan SMP semua jalan," ungkapnya, Rabu (6/20/21). 

Heroe pun menandaskan, Pemkot Yogyakarta senantiasa melakukan pemantauan penyelenggaraan sekolah luring di seluruh sarana pendidikan.

Berdasar laporan yang ia terima, pelaksanaan PTM masih berjalan lancar, dimana protokol kesehatan dijalankan dengan seksama. 

"Alhamdulillah, sampai sekarang, Dinas Pendidikan itu kan menyampaikan, kalau semuanya berjalan baik. Semoga saja bisa dipertahankan terus ya," terangnya. 

Ketua Harian Satgas Covid-19 Kota Yogyakarta tersebut mengatakan, simulasi yang sudah dilakukan berulang kali, bahkan sejak sebelum terjadi lonjakan lasus pada Juli silam, diyakini mampu mematangkan teknis pelaksanaan PTM. Sehingga, sekolah benar-benar terbiasa. 

"Mudah-mudahan tidak ditemukan kasus, karena kita sejak awal sudah melakukan simulasi berkali-kali. Insyaallah, sekolah sudah paham itu," tandas Heroe. 

Baca juga: Atlet Renang Artistik DIY, Nabilla Umarella Sesuai Target Sabet Medali Perak di PON XX Papua

Sementara itu, Anggota Forum Pemantau Independen (FORPI) Kota Yogya, Baharuddin Kamba, yang melakukan pemantauan di deretan sekolah pada Rabu (6/10/2021) pagi, berujar, protokol kesehatan memang diperhatikan secara serius oleh sekolah yang menggelar PTM. 

"Cenderung aman ya, sampai sajauh ini. Prokesnya sudah dijalankan dengan baik. Tetapi, kami menilai memang perlu pengawasan, terutama untuk antisipasi kerumunan saat penjemputan siswa-siswi itu," terangnya. 

"Kami melakukan pemantauan di SMP N 8 yang sedang melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer. Lalu, SMP N 5 dan SD Negeri Jetisharjo yang melaksanakan PTM secara terbatas," pungkas Kamba. (aka)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved