Breaking News:

Otomotif

Tiara S 120, Ayago Langka dari Yamaha yang Jadi Primadona

Yamaha Tiara S sudah cukup keren di zamannya sebab sudah mengusung suspensi belakang monoshock, disc brake ganda, velg cast wheel dan lain-lain.

TRIBUNJOGJA.COM / Hanif Suryo
Yamaha Tiara S 120 milik Ridwan Mulya Nugraha. 

TRIBUNJOGJA.COM - Pamor Yamaha Tiara S barangkali tak sementereng jenis motor ayam jago (ayago) yang pernah mengaspal di Tanah Air seperti Suzuki Satria FU maupun Honda Nova Sonic. 

Alasan kenapa disebut ayam jago, lantaran motor ini dibekali dengan sasis underbone seperti motor bebek, tetapi dengan sokbreker depan as panjang mirip motor sport.

Padahal, Yamaha Tiara S  atau yang dikenal di luar negeri sebagai Yamaha J120Z, justru hadir di Indonesia lebih dulu, tepatnya pada awal tahun 2000-an secara completely built up (CBU) alias diimpor langsung dari Malaysia dalam kondisi utuh, lengkap.

Menariknya, Yamaha Tiara S 120 ini kini menjadi motor ayago yang diincar banyak kolektor.

Ini berbanding terbalik ketika awal kehadirannya di tahun 2000-an silam.

Hal ini cukup beralasan, sebab benturan era krisis moneter plus banderolnya yang mahal membuat Tiara S 120 saat itu hanya menjadi penunggu dealer Yamaha.

"Pada tahun 2000-an, Yamaha Tiara S 120 ini dibanderol Rp 18,7 juta. Di eranya saat itu memang bisa dibilang peminatnya tidak terlalu banyak, sebab lebih banyak yang menjatuhkan pilihannya pada Yamaha Fiz-R yang harganya lebih murah. Di samping itu, motor in dulu kurang peminatnya karena mungkin bentuknya wagu (aneh-red), kurang bagus di era itu," ujar Ridwan Mulya Nugraha, satu di antara yang beruntung mengoleksi motor Yamaha Tiara S 120 ini.

Baca juga: Restorasi Yamaha DT 100 : Motor Trail Tua Idaman Kawula Muda

Padahal, untuk ukuran motor 2 tak, Yamaha Tiara S sudah cukup keren di zamannya sebab sudah mengusung suspensi belakang monoshock, disc brake ganda, velg cast wheel, jumlah transmisi 6 percepatan, serta dibekali mesin tegak yang powerfull.

Desainnya pun tak tak bisa dibilang ketinggalan zaman, apabila dibandingkan dengan Honda Nova Sonic ataupun Satria FU yang hadir bertahun-tahun kemudian.

Itu bisa dilihat dari bentuk stang clip-on nya, serta bagian body yang sporty.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved