Breaking News:

Bisnis

Ramai Wisatawan, Hotel di DI Yogyakarta Mulai Menggeliat

Okupansi hotel bintang tiga ke atas sudah menyentuh di kisaran 60-70 persen, hotel bintang dua ke bawah di angka 20-30 persen saat weekend.

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Gaya Lufityanti
Pixabay.com / Ming Dai
ilustrasi hotel 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah diserbu oleh sejumlah wisatawan pada beberapa minggu kemarin, khususnya saat memasuki akhir pekan.

Kondisi itu disambut baik oleh Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY yang menyatakan sudah ada peningkatan okupansi hotel di wilayahnya. 

Peningkatan okupansi itu mulai dirasakan semenjak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) turun menjadi Level 3 dalam beberapa minggu yang lalu.

Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Deddy Pranowo Eryono saat dihubungi awak media, Minggu (26/9/2021). 

Baca juga: 9 Hotel Isoman di DI Yogyakarta Dapat Dukungan Alat Kesehatan dari Pemda DIY

Namun Deddy menyebut bahwa kenaikan okupansi hotel itu bukan karena wisata tapi kegiatan Meetings, Incentives, Conferencing, Exhibitions (MICE).

"Ya gini jadi okupansi Jumat-Sabtu itu meningkat. Meningkat itu bukan karena wisata tapi karena Jogja itu karena ada MICE. Dari Kementerian-kementrian banyak yang datang ke Jogja," kata Deddy.

Deddy menyebut untuk hotel dengan bintang tiga ke atas itu okupansi sudah menyentuh di kisaran 60-70 persen. 

Kondisi itu terjadi saat Jumat dan Sabtu atau memasuki weekend.

Sedangkan untuk hotel dengan bintang dua ke bawah masih berada di angka 20-30 persen saat memasuki weekend atau akhir pekan.

"Kalau hari biasa itu hotel bintang 3 ke atas sudah bisa mencapai 30-40 persen. Kemudian non bintang 10-15 persen," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved