Breaking News:

Tiga Tempat Perbelanjaan di Gunungkidul Mulai Gunakan Aplikasi PeduliLindungi

Penggunaan aplikasi PeduliLindungi mulai diterapkan di Kabupaten Gunungkidul. Penerapan ini dilakukan mengikuti instruksi pemerintah pusat

Penulis: Alexander Aprita | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Alexander Ermando
Warga menunjukkan tampilan aplikasi PeduliLindungi di ponsel pintar miliknya 

TRIBUNJOGJA.COM, GUNUNGKIDUL - Penggunaan aplikasi PeduliLindungi mulai diterapkan di Kabupaten Gunungkidul. Penerapan ini dilakukan mengikuti instruksi pemerintah pusat, seiring dengan mulai melonggarnya aktivitas masyarakat.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul, Wahyu Nugroho mengatakan sejauh ini baru ada 3 lokasi penerapan PeduliLindungi. Seluruhnya merupakan tempat perbelanjaan.

"Ketiganya adalah Toko Serba Ada (Toserba) Sambipitu, Swalayan Pamela, serta Toko Amigo," jelas Wahyu pada wartawan, Kamis (16/09/2021).

Baca juga: UPDATE Covid-19 DI Yogyakarta 16 September 2021: Tambah 111 Kasus Baru, 9 Orang Meninggal

Pembahasan mengenai penggunaan aplikasi PeduliLindungi sudah dilakukan jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Gunungkidul. Adapun prosesnya dilakukan secara bertahap.

Selain tempat perbelanjaan, Wahyu mengatakan PeduliLindungi juga akan diterapkan di perkantoran hingga lokasi wisata. Namun untuk dua yang terakhir masih diperlukan kajian lebih mendalam.

"Perlu dipersiapkan lebih jauh, misalnya untuk penerapan di TPR (Tempat Pemungutan Retribusi) wisata, apakah nantinya bisa menimbulkan kemacetan atau tidak," katanya.

Wahyu juga mengatakan koordinasi dengan pemerintah pusat juga dilakukan berkaitan dengan penggunaan QR Code di PeduliLindungi. Itu sebabnya, Pemkab Gunungkidul akan melayangkan surat resmi terkait hal tersebut.

Sebab penerapan aplikasi PeduliLindungi membutuhkan banyak dukungan. Seperti peralatan yang memadai, regulasi, hingga kesiapan tenaga yang menangani prosesnya.

"Apalagi di kawasan kantor pemerintahan juga akan menerapkan PeduliLindungi," ujar Wahyu.

Baca juga: BOR di RS Rujukan Covid-19 Kulon Progo Hingga Di Bawah 20 Persen 

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Gunungkidul Kelik Yuniantoro mengatakan sudah berkomunikasi dengan 3 tempat perbelanjaan tersebut. Salah satunya Swalayan Pamela di Wonosari.

Sebab pihaknya perlu memastikan sarana di tempat perbelanjaan tersebut sudah siap untuk penerapan PeduliLindungi.

Adapun peninjauan juga sudah dilakukan tim Disperindag Gunungkidul ke tempat perbelanjaan yang ditunjuk.

"Kalau sarana sudah siap, kami minta PeduliLindungi segera diterapkan di sana," kata Kelik. (alx)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved