Breaking News:

Kabupaten Kulon Progo

Jelang Musim Penghujan, Dinkes Kulon Progo Imbau Tingkatkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Dinkes Kulon Progo mengimbau kepada masyarakat setempat agar mewaspadai berbagai macam penyakit yang timbul saat musim penghujan.

Penulis: Sri Cahyani Putri | Editor: Gaya Lufityanti
Kompas Travel
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Sri Cahyani Putri Purwaningsih

TRIBUNJOGJA.COM, KULON PROGO - Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo mengimbau kepada masyarakat setempat agar mewaspadai berbagai macam penyakit yang timbul saat musim penghujan.

Oleh sebab itu, perilaku hidup bersih dan sehat perlu ditingkatkan. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Kabupaten Kulon Progo, Rina Nuryati mengatakan saat musim penghujan, masyarakat dimohon tetap menjaga kesehatan. 

"Karena saat musim penghujan di Kulon Progo banyak timbul penyakit seperti demam berdarah dengue (DBD), leptospirosis, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan diare," kata Rina saat dihubungi, Selasa (14/9/2021). 

Baca juga: Hadapi Musim Penghujan, BPBD Kulon Progo Siapkan Upaya Mitigasi

Untuk itu, tampungan air perlu dilakukan pengecekan agar tidak ada jentik-jentik yang berisiko menjadi sarang nyamuk di musim hujan. 

Dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, diharapkan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) 5M yakni memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, membatasi mobilitas dan menjauhi kerumunan. 

Selain itu, Dinkes Kulon Progo juga menyarankan agar masyarakat mengonsumsi makanan yang seimbang untuk menjaga daya tahan tubuh.

Seperti buah dan sayur serta makanan yang mengandung banyak air. ( Tribunjogja.com

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved