Breaking News:

Sempat Menjadi Terbesar di Bantul, Populasi Sapi di KUB Pandan Mulyo Turun Drastis, Ini Sebabnya

Kelompok Usaha Bersama (KUB) Pandan Mulyo, Padukuhan Ngentak, Kalurahan Poncosari, Kapanewon Srandakan, dulu merupakan peternakan sapi terbesar

Penulis: Santo Ari | Editor: Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Kelompok Usaha Bersama (KUB) Pandan Mulyo, Padukuhan Ngentak, Kalurahan Poncosari, Kapanewon Srandakan, dulu merupakan peternakan sapi terbesar di Bantul.

Namun seiring berjalannya waktu, populasi sapi di sana berkurang hingga 50 persen.

KUB Pandan Mulyo yang berdiri sejak tahun 1994 sempat memiliki populasi sapi sebanyak 600 ekor.

Namun kini populasi sapi di sana sekitar 295 ekor di 120 kandang miliki 160 anggota KUB Pandan Mulyo.  

Baca juga: Hari Pertama Uji Coba Pembukaan, Puluhan Pengunjung Ditolak Masuk GL Zoo Kota Yogyakarta

Ketua KUB Pandan Mulyo, Jumadi mengatakan turunnya populasi sapi dikarenakan banyaknya anggota KUB Pandan Mulyo yang tergiur usaha tambak udang vaname yang hasilnya jauh lebih menjanjikan.

Sehingga oleh peternak, sapi mereka dijual sebagai tambahan modal usaha tambah udang vaname di kawasan pesisir Pantai Pandansimo.

"Modal untuk usaha tambak udang itu sangat besar dan untuk menutup usaha tersebut harus menjual sapi sehingga populasinya turun drastis. Itu terjadi tiga tahun yang lalu," ujarnya.

Selain populasi sapi berkurang, banyak anggota dari KUB Pandan Mulyo juga beralih menjadi tenaga kerja atau mengurusi tambak udang vaname sehingga tak sempat lagi mengurus sapi yang ada di kandang kelompok.

Namun ternyata, keinginan untuk mendapatkan hasil yang lebih besar tak sesuai harapan. Karena pada tahun ketiga panen udang, masyarakat justru merugi dan tidak lagi melanjutkan usaha tersebut dan akhirnya kembali menekuni kembali usaha ternak sapi.

Jumadi membeberkan bahwa saat ini populasi sapi di kandang kelompok baru mencapai 296 ekor dan pada hari raya Idul Adha kemarin sempat laku terjual 70 ekor.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved