Breaking News:

Disdukcapil Sleman Bantu 8 Transgender Urus Dokumen Penduduk, Dilayani Tanpa Diskriminasi

Setiap Warga Negara Indonesia (WNI) berhak atas pelayanan publik dasar tanpa diskriminasi. Berlaku juga bagi transgender. Karenanya,

Penulis: Ahmad Syarifudin | Editor: Kurniatul Hidayah
Ist
Ilustrasi KTP 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Setiap Warga Negara Indonesia (WNI) berhak atas pelayanan publik dasar tanpa diskriminasi. Berlaku juga bagi transgender.

Karenanya, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman, membantu sejumlah transgender untuk mendapatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Dokumen ini sangat penting, agar mereka bisa mengakses layanan, tidak terkecuali vaksin Covid-19. 

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Disdukcapil Sleman, Raden Rara Endang Mulatsih menegaskan bahwa pada prinsipnya, transgender adalah warga negara Indonesia.

Baca juga: September Pancaroba, BMKG Yogyakarta Prediksi Awal Oktober DI Yogyakarta Memasuki Musim Hujan

Karenanya, Ia berkomitmen tidak akan mempersulit apalagi mendiskriminasi bagi transgender yang mengajukan permohonan untuk mendapatkan identitas penduduk.

Saat ini, ada sejumlah transgender di Sleman yang sudah mengurus itu. 

"Permohonan sudah ada. Kemarin lewat Biro Tapem (tata pemerintahan), ada data 8 (transgender) yang dimohonkan ke kami," kata dia, dihubungi Senin (13/9/2021). 

Segala teknis dan mekanisme mengenai tata cara pengurusan identitas Kependudukan sudah diberikan. Menurut Endang, transgender yang mayoritas ada di Kabupaten Sleman adalah pendatang.

Mereka kebanyakan pindah ke Sleman tanpa mengurus kepindahan. Sebenarnya, kata dia, proses pengurusan tidak akan menjadi sulit ketika saat pindah menjalankan prosedur kepindahan.

Dari 8 transgender di Sleman, setelah dicek datanya, ternyata hanya 3 yang ber-NIK. Lainnya masih belum. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved