Breaking News:

Yogyakarta

Pecahkan Rekor MURI, BBPOM di Yogyakarta Bentuk 1010 Duta Keamanan Pangan

Pemberian rekor itu merupakan penghargaan pada BBPOM yang telah melaksanakan program pemberdayaan masyarakat dengan inovasi Aksi Gendarku Bebas Boraks

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Gaya Lufityanti
TRIBUNJOGJA.COM / Ardhike Indah
BBPOM dapat rekor MURI untuk kategori 1010 Duta Keamanan Pangan yang mengedukasi masyarakat tentang bahaya boraks atau bleng pada gendar, Jumat (10/9/2021) 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) di Yogyakarta berhasil meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI), Jumat (10/9/2021).

Penghargaan tersebut untuk kategori Pembentukan 1010 Duta Keamanan Pangan dalam waktu dua minggu.

Pemberian rekor itu merupakan wujud penghargaan atas kerja keras BBPOM di Yogyakarta yang telah melaksanakan program pemberdayaan masyarakat dengan inovasi ‘Aksi Gendarku Bebas Boraks’.

Inovasi ini merupakan satu di antara upaya mengurangi penggunaan bleng atau boraks semaksimal mungkin yang masih dijumpai pada makanan tradisional berupa gendar.

Baca juga: BBPOM di Yogyakarta Canangkan Zona Integritas Menuju WBBM, Layani Masyarakat dengan Maksimal

Rekor diberikan MURI kepada Kepala BBPOM di Yogyakarta, Dewi Prawitasari Apt MKes seusai pencanangan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Aula BBPOM di Yogyakarta, Jumat (10/9/2021).

“1010 Duta Keamanan Pangan ini bertugas untuk melakukan penyuluhan atau komunikasi, informasi dan edukasi tentang pangan yang aman,” ungkap Dewi seusai menerima rekor MURI.

Dia menjelaskan, program duta keamanan pangan itu didukung oleh pemerintah daerah dan dilaksanakan di lima kabupaten serta kota.

Tahap awal, akan ada pembentukan 50 kader keamanan pangan yang meneruskan sosialisasi keamanan pangan, khususnya gendar dan bahaya penyalahgunaan boraks atau bleng.

Sosialisasi itu ditujukan pada 1010 Duta Keamanan Pangan yang diantaranya adalah pelaku usaha untuk meningkatkan produktivitas dan kepercayaan masyarakat.

“Untuk selanjutnya, diharapkan tiap duta dapat menyebarkan kembali informasi kepada masyarakat sekitar. Semakin banyak warga yang mendapatkan informasi dan produk gendar menjadi produk aman yang bebas boraks,” jelasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved