Breaking News:

Bank BPD DIY Kembali Raih Penghargaan Infobank Award 2021

Bank BPD DIY berhasil mempertahankan kinerja yang sangat baik sehingga untuk ke 25 kalinya pula Bank BPD DIY mendapat predikat “Sangat Bagus”

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Ikrob Didik Irawan
TRIBUNJOGJA.COM / Santo Ari
Pelayanan nasabah di Bank BPD DIY 

TRIBUNJOGJA.COM – Selama 25 tahun tanpa jeda, Bank BPD DIY berhasil mempertahankan kinerja yang sangat baik sehingga untuk ke 25 kalinya pula Bank BPD DIY mendapat predikat “Sangat Bagus” dari majalah Infobank.

Tahun ini Bank BPD DIY kembali mendapat penghargaan dengan predikat “Sangat Bagus” dalam ajang Infobank Award ke 26 Tahun 2021 yang di gelar bersamaan dengan Hybrid Seminar “Leading in Unprecedented Time – Tantangan Setelah Restrukturisasi Kredit Berakhir” di Jakarta pada Selasa (07/09). 

Bank BPD DIY berhak menyandang predikat “Sangat Bagus” berdasarkan pada perolehan skor hasil penilaian kinerja keuangan tahun 2020 yang dilakukan oleh Biro Riset Infobank (birI). Menurut Infobank, hingga akhir tahun 2020 seluruh komponen kinerja keuangan Bank BPD DIY tumbuh positif.

Infobank melakukan pemeringkatan terhadap 109 bank di Indonesia yang dibagi kedalam beberapa kategori berdasarkan modal inti dan total aset.

Kriteria rating versi Infobank menggunakan empat pendekatan, yaitu pendekatan rasio keuangan penting, pertumbuhan, good corporate governance (GCG) dan profil risiko.

Kriteria tersebut hampir sama dengan kriteria yang digunakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam menilai kesehatan bank.

Ada lima langkah besar yang dilakukan Biro Riset Infobank untuk menentukan rating peringkat bank tersebut. Pertama, menentukan formula rating yang didasarkan pada perkembangan perbankan dan kebijakan regulator serta pencapaian perbankan secara industri.

Kedua, mengumpulkan laporan keuangan bank yang terdiri dari neraca dan rugi laba selama dua tahun serta laporan GCG dan profil resikonya.

Ketiga, memasukan skor GCG dan profil resiko serta mengolah angka dengan berbagai rasio dan pertumbuhan yang sudah ditetapkan.

Keempat, mengelompokan bank sesuai dengan ukuran modal inti atau berdasarkan kegiatan usaha. Kelima, memberi notasi akhir untuk pemberian predikat berdasarkan kelompok BUKU.  

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved