10 Fenomena Langit Menarik di Bulan September 2021 : Salah Satunya Puncak Hujan Meteor

Dari 10 fenomena langit yang terjadi di bulan September 2021 ini, salah satunya yang menarik adalah akan adanya peristiwa hujan meteor.

Editor: Mona Kriesdinar
shutterstock via pixabay.com
Ilustrasi ruang angkasa 

TRIBUNJOGJA.COM - Bagi Anda peminat feomena astronomis, pastikan Anda mencatat daftar fenomena langit yang terjadi sepanjang bulan September 2021 ini. Lantaran di momen ini ada cukup banyak peristiwa yang bisa diamati di langit.

Dari 10 fenomena langit yang terjadi di bulan September 2021 ini, salah satunya yang menarik adalah akan adanya peristiwa hujan meteor.

Apa saja fenomena astronomis itu? Berikut merupakan daftarnya sebagaimana yang dilansir Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) yang kini berubah menjadi Organisasi Riset Penerbangan dan Antariksa, bersama wadah besar Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

1. Konjungsi Bulan-Pollux: 3 September 2021

Peneliti di Pusat Sains Antariksa, Andi Pangerang mengatakan, pada tanggal 3 September 2021 mendatang, akan ada fenomena konjungsi antara Bulan dan Pollux.

Pollux adalah bintang utama di konstelasi Gemini.

Bintang ini berkonjungsi dengan Bulan, puncaknya terjadi pada pukul 11.04 WIB, dengan sudut pisah 3 derajat.

Akan tetapi, fenomena langit yang akan terjadi pada 3 September esok, konjungsi bulan dan bintang Pollux ini sudah dapat disaksikan sejak pukul 03.00 hingga 05.30 WIB waktu setempat dari arah Timur Laut dengan sudut pisah 4,3 derajat - 3,7 derajat.

2. Aphelion Merkurius: 6 September 2021

Fenomena langit pada September ini juga akan menghadirkan Aphelion, yang secara umum adalah konfigurasi ketika planet berada di titik terjauh dari Matahari.

Hal ini disebabkan oleh orbit planet yang terbentuk elips dengan Matahari terletak di salah satu dari kedua titik fokus orbit tersebut.

Fenomena Aphelion kali ini akan terjadi pada 6 September 2021, pukul 07.28 WIB dengan jarak 69.817.000 km dari Matahari.

3. Konjungsi Bulan-Mars: 7-8 September 2021

Pada hari berikutnya, fenomena konjungsi Bulan dan Mars pun terjadi di langit Indonesia. Fenomena langit ini akan menghiasi langit Indonesia, sebelum puncak hujan meteor pada 9 September mendatang.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved