Breaking News:

Warga Klaten Digegerkan Temuan Terowongan di Tengah Kampung, Diduga Peninggalan Belanda

Sebuah struktur bangunan terowongan diduga peninggalan zaman Belanda ditemukan oleh warga di Dusun Samber, Desa Sabranglor, Kecamatan Trucuk

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM/ Almurfi Syofyan
Sejumlah warga saat melihat penemuan struktur terowongan di Dukuh Samber, Desa Sabranglor, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Rabu (1/9/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Sebuah struktur bangunan terowongan diduga peninggalan zaman Belanda ditemukan oleh warga di Dusun Samber, Desa Sabranglor, Kecamatan Trucuk, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

Penemuan struktur terowongan zaman Belanda itu berawal dari penggalian embung desa yang akan dibuat menjadi kolam pemancingan dan pusat kuliner.

Pantauan Tribun Jogja di lokasi, Rabu (1/9/2021) sekitar pukul 15.00 WIB, struktur terowongan kuno itu berada di kedalaman 2 meter di bawah jalan desa setempat.

Baca juga: Kondisi Fisik PSS Sleman Menurun, Tim Pelatih Beri Materi Latihan Lebih Kompleks pada Para Pemain

Struktur terowongan itu memiliki lebar sekitar 2 meter dan tingga sekitar 2 meter. Pada tengah terowongan terdapat gundukan tanah yang sudah mengering.

Adapun batu bata merah yang digunakan sebagai material terowongan berukuran cukup besar yakni, panjang 20 sentimeter dan lebar 10 sentimeter.

"Awalnya warga tidak tahu kalau itu terowongan, saat penggalian, alat berat mengikis struktur bebatuan yang ternyata terowongan," ujar (Pj) Kepala Desa Sabranglor, Budi Andriyanto saat Tribunjogja.com temui di lokasi.

Menurut Budi, penggalian embung tersebut di mulai pada Rabu (25/8/2021) lalu dan menggunakan satu unit Backhoe.

Struktur terowongan yang diduga peninggalan zaman belanda itu ditemukan pada Jumat (27/8/2021).

Kemudian, mulai Sabtu (28/8/2021) penggalian embung dihentikan karena ingin menelusuri informasi mengenai penemuan struktur terowongan itu.

Selama ini, lanjut Budi, pihaknya tidak pernah menduga jika ada sebuah terowongan kuno yang membentang di tengah-tengah perkampungan di Dukuh Samber tersebut.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved