Yogyakarta

KA Bandara YIA Beroperasi, Menhub Usulkan Stasiun Sedayu Jadi Stasiun Tambahan 

Menhub Budi Karya sempat mengusulkan untuk membangun satu stasiun tambahan di DIY wilayah barat demi menarik minat calon pengguna KA Bandara YIA.

Penulis: Miftahul Huda | Editor: Gaya Lufityanti
Dokumentasi Kemenhub
Menhub Budi Karya Sumadi berbincang dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menkomarinves) Luhut B Panjaitan bersama Sri Sultan Hamengku Buwono X, Jumat (27/8/2021) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kabar gembira bagi pengguna transportasi imum, sebab kini Kereta Api (KA) Bandara Yogyakarta International Airport (YIA), Kulon Progo, DIY resmi dioperasikan secara terbatas, Jumat (27/8/2021).

Soft launching proyek senilai Rp1,1 triliun ini dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Stasiun YIA.

Turut mendampingi Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Wakil Menteri BUMN II Kartika Wirjoatmodjo, dan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X. 

Selepas peresmian, Luhut beserta rombongan lantas menjajal menumpang kereta ini menuju Stasiun Tugu Yogyakarta.

Baca juga: KA Bandara Siap Beroperasi, YIA-Yogya 40 Menit

"Kami lihat perjalanan kemari 40 menit dan sangat nyaman, karena pemandangannya bagus, kereta apinya juga bagus," kata Luhut di Stasiun Tugu Yogyakarta, Jumat (27/8/2021).

Kehadiran kereta api, diharapkan Luhut mampu mendongkrak jumlah penumpang menuju YIA di samping berbagai sarana lain yang telah tersedia sebelumnya.

Seperti taksi dan bus shuttle bandara. Kemudahan aksesibilitas menjadi faktor penentu peningkatan okupansi.

Luhut ingin keberadaan kereta ini nantinya mampu menunjang pariwisata di DIY.

Dengan menghadirkan layanan baik kepada masyarakat, maupun wisatawan mancanegara yang datang ke Tanah Air.

"Kita akan membuat Jogja ini akan lebih menarik ke depan untuk turis," sebutnya.

Lebih jauh, Luhut mengimbau kepada operator KA Bandara YIA untuk mengintegrasikan operasionalnya dengan aplikasi PeduliLindungi di samping memperhatikan kenyamanan dan keselamatan penumpang.

Baca juga: Menhub Budi Karya Sumadi Jajal Jalur KA Bandara YIA - Stasiun Tugu Yogyakarta

"Nanti grand launching-nya (KA bandara) akan dilakukan Pak Presiden. Saya kira biar agak landai dulu Covid ini," imbuhnya.

Sementara pada saat soft launching KA bandara ini di YIA, Menhub Budi Karya sempat mengusulkan kepada Sultan untuk membangun satu stasiun tambahan di DIY wilayah barat demi menarik minat calon pengguna KA Bandara tersebut.

Di sepanjang perjalanan dari Stasiun Bandara menuju Stasiun Tugu, Luhut mengaku telah mendengar lebih jauh usulan dari Budi Karya ini. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved