Khasiat Kumis Kucing

Khasiat Kumis Kucing untuk Kesehatan, Solusi Diabetes, Darah Tinggi, Asam Urat, Batu Ginjal

Kumis kucing ini memiliki nama Orthosiphon Aristatus dengan nama Famili Labiatae. Dia bisa digunakan Obat Batu Ginjal, Peluruh Air Seni,

Penulis: Tribun Jogja | Editor: Iwan Al Khasni
balittro.litbang.pertanian.go.id
Orthosiphon Aristatus 

Tribunjogja.com -- Pemburu obat-obatan herbal pasti sudah tidak asing dengan kumis kucing. Maklum saja, kumis kucing banyak digunakan dalam dunia pengobatan alami sejak zaman dahulu.

Kumis kucing ini memiliki nama Orthosiphon Aristatus dengan nama Famili Labiatae. Dia bisa digunakan Obat Batu Ginjal, Peluruh Air Seni, sakit pinggang juga beberapa khasiat lain.

Dilansir Tribunjogja.com dari balittro.litbang.pertanian.go.id, kumis kucing bisa penghancuran batu ginjal, lebih bagus digunakan tanaman kejibeling.

Namun, apabila batu sudah hancur, pemakaian kejibeling harus dihentikan, untuk pemeliharaan selanjutnya dapat digunakan tanaman kumis kucing dengan ramuan kumis kucing 6 gram, Meniran 7 pohon dan Air 110 ml.

Cara pembuatanBahan-bahan dicuci bersih lalu dididihkan selama 10-15 menit, kemudian disaring menggunakan kain bersih dan diperas, air rebusan diminum 2 kali sehari (pagi dan sore) tiap kali minum100 ml, dan diulang selama 14 hari.

Kumis kucing dikenal sebagai tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. Bisa mengobati asam urat, ini manfaat kumis kucing untuk kesehatan. Kumis kucing memiliki bunga yang cantik. Sehingga, tidak jarang tanaman ini sengaja ditanam untuk menghiasi pekarangan rumah.

Kumis kucing memiliki mahkota bunga bertumpuk dengan benang sari yang panjang. Biasanya, benang sari kumis kucing berwarna putih bak kumis seekor kucing.

Mengutip dari buku berjudul Atlas Tumbuhan Obat Indonesia Volume 2 karya Setiawan Dalimartha, kumis kucing mengandung minyak asiri, sapofonin, garam kalium, mioinositolm sinensetin, orthosiphonin glikosida, dan saponin.

Melansir buku berjudul The Miracle of Herb karya dr. Prapto Utami, Desty Ervira Puspaningtyas, S.Gz, kumis kucing juga mengandung flavonoid yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Kandungan tersebutlah yang membuat kumis kucing jadi obat herbal yang mampu menumpas sejumlah penyakit. Manfaat kumis kucing untuk kesehatan Tanaman kumis kucing sudah populer di dunia pengobatan sejak dahulu kala. Dari seluruh tanaman, daun dan bunga kumis kucing yang banyak digunakan sebagai obat herbal.

Berikut khasiat kumis kucing sebagai obat herbal yang harus Anda ketahui.

1. Infeksi kandung kemih

Untuk para penderita infeksi kandung kemih, kumis kucing bisa jadi solusi. Asal tahu saja, daun kumis kucing memiliki sifat diuretik yang artinya peluruh kencing. Daun kumis kucing muda memiliki sifat diuretik lebih kuat dibandingkan daun kumis kucing tua.

Meski memiliki banyak manfaat untuk pengobatan, konsumsi kumis kucing secara berlebihan berbahaya untuk kesehatan.

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved