Breaking News:

PSS Sleman

Daftar Pemain Asing PSS Sleman dari Waktu ke Waktu, Brasil Terbanyak

Sejak PSS Sleman berkiprah di kasta tertinggi kompetisi sepak bola Indonesia pada 2000, sudah puluhan pemain asing datang dan pergi.

Penulis: Sigit Widya | Editor: Sigit Widya
TRIBUNJOGJA.COM/Hanif Suryo
Pemain asing PSS Sleman di kompetisi sepak bola nasional. 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Puluhan pemain asing dari berbagai negara pernah dan masih ada yang memperkuat PSS Sleman di kompetisi sepak bola nasional.

Sejak PSS Sleman berkiprah di kasta tertinggi kompetisi sepak bola Indonesia pada 2000, yang ketika itu bernama Divisi Utama, sudah puluhan pemain asing datang dan pergi.

Awal tampil di Divisi Utama 2001, pada putaran pertama, PSS tanpa diperkuat legiun impor, hanya mengandalkan talenta semacam M Eksan, Gatot Ismawan, Sutaji, sampai Zaenuri.

Pada laga perdana di Divisi Utama 2001, PSS bermain luar biasa, sukses membuat kejutan lewat kemenangan 2-1 atas tim bertabur bintang Pelita Jaya di Stadion Tridadi Sleman.

Dua gol Laskar Sembada ke gawang almarhum Listianto Raharjo dicetak oleh penyerang lincah asal Kabupaten Kulon Progo, M Eksan, yang sekarang menjabat Asisten Manajer PSS.

M Eksan.
M Eksan. (TRIBUNJOGJA.COM/Almurfi Syofyan)

Baca juga: PSS Sleman Belum Beri Jawaban Kapan Bertolak ke Jakarta

Namun, merampungkan putaran pertama Divisi Utama 2001, anak asuh almarhum Suharno terseok-seok di klasemen sementara sehingga memutuskan untuk menggaet pemain asing.

Putaran kedua, PSS mendatangkan gelendang gaek Jaldecir Jesus "Deca" dos Santos, libero Fabiano Guarilha, serta penyerang Brasil yang diidolakan publik Kabupaten Sleman, Marcelo Braga.

Deca, Fabiano, serta Marcelo, yang sama-sama berasal dari Brasil, memberi warna permainan tersendiri dan berhasil mengangkat performa PSS sehingga lolos dari jeratan degradasi.

Sayang, pada musim berikutnya, PSS harus kehilangan bek elegan Fabiano, yang dibajak oleh pelatih asing asal Moldova, Sergei Dubrovin, ke Petrokimia Putra, Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Guna mengisi kekosongan posisi yang ditinggalkan oleh Fabiano, manajemen PSS pun bergerak cepat dengan mendatangkan Anderson Da Silva, bek keling yang juga berasal dari Brasil.

Anderson Da Silva.
Anderson Da Silva. (Dok Tribun Jogja)

Baca juga: Laga Perdana Liga 1 2021 Digelar 27 Agustus, PSS Sleman Segera Berlatih di Jakarta

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved