Breaking News:

PMI Kota Magelang Layani Donor Plasma Konvalesen Pasien Covid-19

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang fasilitasi layanan untuk pendonor darah dan permintaan darah plasma konvalesen pasien Covid-19.

Penulis: Nanda Sagita Ginting | Editor: Kurniatul Hidayah
dok Pemkot Magelang
Wali Kota Magelang tinjau persiapan PMI Kota Magelang terkait layanan donor plasma konvalesen pasien Covid-19 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Nanda Sagita Ginting

TRIBUNJOGJA.COM, KOTA MAGELANG - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Magelang fasilitasi layanan untuk pendonor darah dan permintaan darah plasma konvalesen pasien Covid-19.

Hingga saat ini sudah ada 6 kantong yang siap untuk memenuhi permintaan

Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Magelang, dr Bramantyo Angga Kesuma mengatakan, pelayanan akan dimulai hari ini pada Senin (23/8/2021) sore. 

Baca juga: Pelajar SMK di Kulon Progo Jadi Korban Penganiayaan di GOR Cangkring Wates

Ada beberapa proses pemeriksaan terlebih dahulu sebelum plasma konvalesen itu dapat dipakai oleh pasien.

"Kemarin mulai proses pengambilan donornya. Ada 6 kantong, tapi masih harus melalui beberapa proses pemeriksaan dulu. Hasilnya baru siap nanti sore," ujarnya Senin (23/08/2021).

Ia menjelaskan, donor darah plasma konvalesen merupakan salah satu metode imunisasi pasif, yang dilakukan dengan memberikan plasma orang yang telah sembuh dari Covid-19, kepada pasien Covid-19 yang sedang dirawat.

Hal ini bertujuan sebagai terapi tambahan Covid-19 dengan mengajak orang yang telah sembuh dari Covid-19 untuk menjadi pendonor plasma.

"Pasien yang membutuhkan bisa langsung ajukan permintaan ke kami. Untuk pemberiannya tergantung ketersediaan stok. Kalau tidak ada stok, maka kami akan coba carikan pendonornya," katanya.

Pihaknya sudah menjadwalkan donor plasma konvalesen ini setiap hari Selasa, Rabu, Sabtu, dan Minggu jam 08.00-21.00 WIB. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved