Breaking News:

Dorong Transisi Menuju Energi Ramah Lingkungan, Pertamina Mulai Operasikan SPBG

Hal yang dilakukan untuk menciptakan energi bersih dan terbarukan adalah melaksanakan program diversifikasi penggunaan BBM ke gas sektor transportasi

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Kurniatul Hidayah

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Komitmen transisi energi menjadi salah satu prioritas Pertamina.

Hal yang dilakukan untuk menciptakan energi bersih dan terbarukan adalah melaksanakan program diversifikasi penggunaan BBM ke gas sektor transportasi.

Melalui salah satu anak usahanya, Subholding Gas PT PGN Tbk, Pertamina secara resmi mengoperasikan SPBG Kaligawe, Semarang, Jawa Tengah.

SPBG tersebut berkapasitas 1 MMSCFD atau setara dengan 30.000 liter premium per hari (lsp) dan sudah diresmikan sejak Jumat (20/8/2021).

Baca juga: Dinas Pariwisata Bantul Mendata Pelaku Wisata Agar Bisa Mendapat Bantuan Selama PPKM

Direktur Jenderal Minyak dan Gas (Dirjen Migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Tutuka Ariadji mengatakan pengoperasian SPBG Kaligawe akan memudahkan pengisian bahan bakar gas untuk BRT Trans Semarang.

Selain ekonomis, BBG juga mendorong terwujudnya udara bersih.  

“Dengan konversi BBM ke BBG akan didapatkan emisi kendaraan lebih rendah sehingga menjadi lebih ramah lingkungan,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima Tribun Jogja, Sabtu (21/8/2021).

Dia melanjutkan, beroperasinya SPBG Kaligawe dapat mendorong masyarakat Semarang menggunakan BBG yang ramah lingkungan dan ekonomis. 

“Untuk itu, semoga Pertamina Grup dapat merealisasikan rencana untuk memperluas pemanfaatan SPBG Kaligawe secara berkelanjutan,” ujar Tutuka.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved