Breaking News:

Covid-19 Diprediksi jadi Endemi, Ini Langkah yang Disiapkan Pemerintah Indonesia

Covid-19 Diprediksi jadi Endemi, Ini Langkah yang Disiapkan Pemerintah Indonesia

Penulis: Hari Susmayanti | Editor: Hari Susmayanti
CHINATOPIX via AP
Seorang pekerja medis mengambil sampel swab dari seorang penduduk selama putaran tes Covid-19 massal di Wuhan di provinsi Hubei, China tengah, pada 5 Agustus 2021. 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Para ahli imunologi, firologi dan peneliti penyakit menular sepakat Covid-19 akan menjadi endemi di dunia.

Dikutip Tribunjogja.com dari ners.unair.ac.id, endemi adalah penyakit yang muncul dan menjadi karakteristik di wilayah tertentu, misalnya penyakit malaria di Papua.

Contoh penyakit lainnya di Indonesia yaitu Demam Berdarah Dengue (DBD).

Penyakit ini akan selalu ada di daerah tersebut, namun dengan frekuensi atau jumlah kasus yang rendah.

Untuk menghadapi hal itu, pemerintah Indonesia sudah menyiapkan lima langkah antisipasnya.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan dari survei yang dilakukan oleh Nature terhadap para ahli, sebagian besar sepakat Covid-19 akan tetap hidup.

Covid-19 akan menjadi endemi di dunia dan tidak menghilang sepenuhnya.

"Bahwa 89 persen di antaranya sepakat bahwa virus Covid-19 akan tetap hidup bersamaan dengan kita sebagai sebuah endemi atau yang artinya virus ini tidak akan berakhir menghilang sepenuhnya," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito seperti yang dikutip Tribunjogja.com dari Kompas.com dalam artikel "Covid-19 Disebut Bakal Jadi Endemi, Pemerintah Siapkan 5 Langkah Penanganan", Selasa (17/8/2021) kemarin.

Dengan adanya prediksi tersebut, kata Wiku, hal baik yang dapat ditangkap yakni di masa mendatang kekebalan masyarakat akan meningkat terhadap virus corona seiring dengan akselerasi vaksinasi ataupun infeksi alamiah.

Dengan demikian, angka perawatan dan kematian pasien Covid-19 akan berkurang meskipun virus masih tetap ada dan terus beredar.

Baca juga: GKR Hemas: Vaksin itu Garda Terdepan Penangkal Covid

Baca juga: Fakta Masih Ada Tes PCR Rp879 Ribu, Padahal Harga Maksimal Ditetapkan Rp495 Ribu

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved