Breaking News:

Puskesmas di Klaten Ditarget Lakukan Vaksinasi COVID-19 Sebanyak 250 Dosis Setiap Hari

Program vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah terus dikebut guna memunculkan kekebalan kelompok atau yang sering disebut herd immunity.

Penulis: Almurfi Syofyan | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Ilustrasi Berita Klaten 

TRIBUNJOGJA.COM, KLATEN - Program vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah terus dikebut guna memunculkan kekebalan kelompok atau yang sering disebut herd immunity.

Memasuki pertengahan Agustus 2021 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, menargetkan masing-masing Puskesmas di daerah itu untuk melakukan vaksin  sebanyak 250 dosis perhari.

"Rata-rata 250 orang yang divaksin di masing-masing Puskesmas, jadi makin hari nanti makin meningkat jumlahnya," ujar  Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Klaten, Ronny Roekmito, saat Tribun Jogja temui di ruang kerjanya, Senin (16/8/2021).

Baca juga: HUT Ke-76 RI, Tak Ada Malam Tirakatan di Klaten, Pemkab: Berpotensi Timbulkan Kerumunan

Ia mengatakan, target 250 dosis vaksin di masing-masing Puskesmas itu merupakan bagian dari rencana target vaksin sebanyak 18.000 dosis perhari untuk vaksin di Klaten.

"Untuk vaksinasi yang ditargetkan 18 ribu dosis perhari, ini sudah disiapkan oleh Puskesmas maupun rumah sakit," imbuhnya.

Tim Ahli Satgas COVID-19 Klaten itu, juga telah menyampaikan kepada masing-masing Puskesmas di Klaten untuk betul-betul menyiapkan sarana dan prasarana termasuk tenaga medisnya.

"Artinya, ini dalam jumlah besar itu tentu SDM-nya atau ketahanan fisiknya ini harus diperhatikan. Kalau memang sehari itu dilakukan dua shift artinya tidak sekali banyak ya tak masalah," jelasnya.

Adapun target sasaran vaksin di Klaten untuk saat ini, Dikatakan Ronny masih menyasar lanjut usia (lansia). Hal itu katrena lansia di Klaten masih sedikit yang mau untuk divaksin.

Selain lansia, Pemkab Klaten juga menyasar masyarakat yang berusia 18 tahun ke atas.

Sementara untuk pelajar, lanjutnya, sudah ada beberapa Puskesmas yang melakukan tapi itu belum menjadi prioritas untuk saat ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved