Breaking News:

Sebanyak 6.000 Ibu Hamil di Bantul Ditargetkan Mendapatkan Vaksinasi Covid-19 pada Bulan Ini

Pemerintah Kabupaten Bantul mulai menyuntikkan vaksin Covid-19 ke ibu hamil. Kick off vaksinasi ibu hamil dimulai di Puskesmas Bambanglipuro

Penulis: Santo Ari | Editor: Kurniatul Hidayah
TRIBUNJOGJA/ Santo Ari
Ibu hamil di wilayah Kapanewon Bambanglipuro mendapatkan vaksinasi Covid-19, Jumat (13/9/2021). 

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Pemerintah Kabupaten Bantul mulai menyuntikkan vaksin Covid-19 ke ibu hamil. Kick off vaksinasi ibu hamil dimulai di Puskesmas Bambanglipuro, Jumat (13/8/2021).

Kepala Puskesmas Bambanglipuro dr Tarsisius Glory menyatakan vaksinasi ini diberikan sesuai dengan surat edaran Kementerian Kesahatan.

Program ini pun disambut baik, karena menurut Glory, ibu hamil memiliki risiko terbesar dalam pandemi Covid-19 saat ini.

Baca juga: Pemkot Magelang Minta Peringatan HUT ke-76 RI Dirayakan Secara Sederhana

"Mereka harus menjaga bayi dan harus terlindungi dari Covid-19," ujarnya.

Vaksinasi massal untuk ibu hamil dilakukan selama dua hari, yakni 13-14 Agustus 2021, dan sasaran Puskesmas Bambanglipuro dalam dua hari ini dapat menyuntikkan vaksin ke 170-an ibu hamil.

Jika ada yang belum tervaksin dalam dua hari ini, pihaknya tetap akan memfasilitasi vaksinasi ketika suatu saat ada ibu hamil melaksanakan pelayanan ANC Terpadu di Puskesma.  

Adapun beberapa syarat yang diperlukan agar ibu hamil dapat disuntik vaksin adalah usia kehamilan menginjam 13-33 minggu, dalam keadaan sehat dan belum pernah terpapar covid-19 dan bukan kontak erat. Kalau pun sudah pernah terpapar Covid-19, harus tiga bulan setelah dinyatakan sehat.

"Vaksinasi massal ini akan kita ulangi lagi 4 minggu yag akan datang untuk dosis kedua. Untuk jenis vaksinnya pakai Sinovac. Dan semua free, tidak berbayar," ujarnya.

Ia berharap, seluruh ibu hamil dapat mendaftarkan diri ke puskesmas agar dapat terlayani vaksinasi bagi yang memenuhi syarat. Sehingga, potensi penularan Covid-19 ke ibu hamil dapat ditekan, dan ketika melahirkan baik ibu dan bayi dalam keadaan sehat semua.  

Baca juga: Perketat Alur Masuk Bus Pariwisata, Pemkot Yogyakarta Siapkan Skema One Gate System 

Sementara itu, Kasi Promosi dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, Karjiyem memaparkan bahwa untuk saat ini Pemkab Bantul menargetkan 6.000 ibu hamil di Bantul menerima vaksinasi Corona pada bulan ini.

"Ada sebanyak 15.000 ibu hamil di Bantul yang akan divaksin secara bertahap. Dan sesuai usia kandungannya, maka bulan ini ditargetkan ada sebanyak 6.000 ibu hamil yang akan mendapatkan vaksinasi," tuturnya.

Salah satu ibu hamil yang mendapatkan vaksiansi adalah Ari Kurniati (26), warga Dusun Kembangan, Kalurahan Sumbermulyo, Bambanglipuro. Ari menyambut baik program vaksinasi untuk ibu hamil ini. Saat ini ia tengah mengandung anak kedua dengan usia kehamilan 31 minggu.

"Harapan saya, untuk saya dan calon bayi tetap sehat dan tetap fit," ucapnya. (nto)

Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved