Pemerintah Berencana Naikan Passing Grade Seleksi Guru PPPK 2021, Ini Alasannya

Pemerintah Berencana Naikan Passing Grade Seleksi Guru PPPK 2021, Ini Alasannya

Editor: Hari Susmayanti
sscn.bkn.go.id
ILUSTRASI - Update informasi CPNS / PPPK 2021 

TRIBUNJOGJA.COM, JAKARTA - Pemerintah sudah menetapkan passing grade guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Nomor 4 Tahun 2019 tentang Ambang Batas Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja untuk Guru, Dosen, Tenaga Kesehatan, dan Juga Penyuluh Pertanian.

Dalam peraturan tersebut, ambang batas passing grade seleksi kompetensi (teknis, manajerial, dan sosio kultural) paling rendah adalah 65 dan nilai seleksi teknis paling rendah adalah 42.

Setelah dua passing grade tadi terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah wawancara dengan nilai terendah adalah 15.

Namun pada penerimaan guru PPPK tahun 2021 ini, pemerintah berencana untuk menaikan passing grade-nya.

Alasan pemerintah menaikan passing grade penerimaan guru PPPK taahun 2021 ini adalah karena passing grade beberapa mata pelajaran masih sangat rendah.

Namun demikian, berapa nilai passing grade untuk seleksi guru PPPK tahun 2021 ini masih belum ditetapkan.

Saat ini rencana kenaikan passing grade guru PPPK tersebut masih dibahas secara internal oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refornasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengungkapkan rencana menaikan passing grade guru PPPK ini masih belum final.

"Belum final," ujar Tjahjo seperti yang dikutip Tribunjogja.com dari Kompas.com dalam artikel "Menpan-RB Ungkap Passing Grade Guru PPPK Akan Dinaikkan", Kamis (12/8/2021).

Baca juga: Prosedur Pelaksanaan Tes CAT untuk Peserta CPNS 2021 yang Positif Covid-19

Baca juga: Cek Kapan Jadwal Pengumuman Hasil Sanggahan CPNS dan PPPK 2021

Dia menuturkan, rencana menaikkan nilai passing grade disepakati setelah rapat panitia seleksi nasional (panselnas) calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2021.

Alasannya, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) berpandangan passing grade beberapa mata pelajaran masih sangat rendah.

"Setelah rapat panselnas kemarin, disepakati Kemendikbud Ristek akan 'menaikkan' passing grade beberapa mata pelajaran yang masih sangat rendah dan bersurat kembali ke panselnas," kata Tjahjo.

Akan tetapi, hingga saat ini surat yang dimaksud belum dikirim.

Menurut Tjahjo, masih ada pembahasan kembali di internal Kemendikbud Ristek.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved