Breaking News:

Penyakit Diabetes

Tak Perlu Obat, Ini 3 Cara Alami Menurunkan Gula Darah Penderita Diabetes di Pagi Hari

Fenomena fajar merupakan fenomena dimana gula darah naik secara drastis yang biasanya berlangsung antara pukul 2 sampai 8 pagi. 

Editor: Rina Eviana
Michaeljung
Ilustrasi 

Tribunjogja.com - Fenomena serangan fajar tak asing bagi penderita Diabetes . Para penderita Diabetes Tipe 1 maupun Diabetes Tipe 2 memang sering mengalami apa yang disebut fenomena fajar, yaitu, kadar gula darah tinggi di pagi hari.

Kenaikan gula darah puasa pada dini atau pagi hari dikenal dengan istilah fenomena fajar atau dawn effect. Kondisi ini pada umumya terjadi antara pukul 02.00-08.00 WIB. 

Fenomena fajar bermasalah karena tubuh Anda tidak mampu secara alami mengoreksi perubahan insulin pada malam hari. Hal ini sering membuat kadar glukosa darah tinggi secara konsisten di pagi hari.

Ilustrasi : Diabetes
Ilustrasi : Diabetes (Kompas.com)

Berikut ini cara alami menurunkan gula darah tinggi penderita Diabetes pada pagi hari tanpa obat.

Dilansir dari WebMD, saat bersiap untuk bangun di pagi hari, tubuh melepaskan gelombang hormon yang dapat bekerja melawan insulin dan menyebabkan kadar gula darah meningkat. 

Kondisi itu bisa memengaruhi siapa saja dan biasanya tidak menjadi masalah karena tubuh secara alami memproduksi insulin untuk memperbaikinya. 

Tetapi, tubuh penderita diabetes mungkin tidak dapat merespon dengan cara yang sama. Ini bisa menghasilkan kadar gula darah yang tinggi secara konsisten di pagi hari. 

Padahal, kenaikan kadar gula darah jika terjadi terus-menerus termasuk di pagi hari, hal itu bisa meningkatkan risiko komplikasi jangka panjang. 

Baca juga: Mitos-mitos Seputar Diabetes yang Perlu Anda Ketahui : Banyak yang Salah Kaprah

Cara menurunkan gula darah pada pagi hari 

Beberapa cara yang bisa Anda ambil untuk menurunkan kadar gula darah pada pagi hari tanpa obat adalah melalui perbaikan gaya hidup dan perubahan pola makan. 

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved