Breaking News:

BREAKING NEWS : Hujan Abu Tipis Gunung Merapi Terjadi di Magelang, Ini Kata BPPTKG Yogyakarta

Dari data BPPTKG, update hingga pukul 08.30 WIB, setidaknya ada empat kecamatan di Kabupaten Magelang yang terdampak hujan abu tipis.

Penulis: Ardhike Indah | Editor: Muhammad Fatoni
TRIBUNJOGJA/Istimewa
BPPTKG memantau awan panas guguran Merapi, Selasa (10/8/2021) yang terlontar sejauh 2,5 Km ke barat daya. Amplitudo 36 mm dan durasi 161 detik. 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Ardhike Indah

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Hujan abu tipis Gunung Merapi dilaporkan terjadi di wilayah Kabupaten Magelang, Selasa (10/8/2021) pagi ini.

Hal itupun dikonfirmasi oleh Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta, Hanik Humaida.

“Awan panas guguran pertama menyebabkan abu tipis dampak di sejumlah daerah di Kabupaten Magelang,” jelas Hanik Humaida, Selasa (10/8/2021).

Hujan abu tipis di Kabupaten Magelang terjadi lantaran arah angin pagi ini menuju ke barat dan belum terpantau ada hujan abu di Kabupaten Sleman.

Dari data BPPTKG Yogyakarta, update hingga pukul 08.30 WIB, setidaknya ada empat kecamatan di Kabupaten Magelang yang terdampak hujan abu tipis.

Keempat wilayah tersebut yakni Kecamatan Dukun, Sawangan, Grabag dan Pakis.

“Info dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magelang, ada empat kecamatan terdampak, sebarannya terlihat di delapan desa,” tambahnya.

Ia juga memaparkan bahwa pagi ini, Gunung Merapi mengeluarkan setidaknya dua kali awan panas guguran cukup jauh dari biasanya, yakni 3 km dan 2,5 km.

Dua kali guguran itu menuju ke barat daya. Awan panas guguran pertama terlontar pada pukul 05.58 WIB dan tercatat di seismogram dengan amplitudo 45 mm dan durasi 214 detik.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved